Motivasi siswa memilih kompetensi keahlian desain fesyen di SMK Negeri 3 Malang / Niluh Nur Afandi

Afandi, Niluh Nur (2020) Motivasi siswa memilih kompetensi keahlian desain fesyen di SMK Negeri 3 Malang / Niluh Nur Afandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Afandi, N. N. 2019. Motivasi Siswa Memilih Kompetensi Keahlian Desain Fesyen di SMK Negeri 3 Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Dra. Hapsari Kusumawardani, M.Pd. (II) Dra. Esin Sintawati, M.Pd. Kata kunci:Motivasi, Kompetensi Keahlian Desain Fesyen, SMK Negeri 3 Malang Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan siswa dan adanya perbedaan motivasi setiap siswa dalam memilih Kompetensi Keahlian Desain Fesyen di SMK Negeri 3 Malang. Adanya perbedaan motivasi siswa perlu untuk diteliti, mengingat pengaruhnya terhadap keberlangsungan program baru tersebut dan terhadap kemampuan siswa dalam menjalankan aktivitas terutama pada saat kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang motivasi siswa dalam memilih Kompetensi Keahlian Desain Fesyen di SMK Negeri 3 Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 69 siswa yang terdiri dari siswa kelas X dan XI Kompetensi Keahlian Desain Fesyen. Terdapat dua sub variabel yang digunakan pada penelitian, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa angket tertutup. Hasil uji validitas dan uji reliabilitas menunjukkan bahwa semua item dalam angket penelitian memiliki nilai yang valid dan reliabel sebagai alat pengumpul data yang layak digunakan untuk penelitian. Hasil penelitian pada sub variabel motivasi intrinsik menunjukkan bahwa sebagian besar sangat berpengaruh terhadap motivasi siswa. Hal ini karena motivasi intrinsik siswa dipengaruhi oleh minat dari dalam diri sendiri dan siswa ingin mengembangkan bakat yang dimiliki agar dapat mewujudkan cita-cita di masa depan. Pada sub variabel motivasi ekstrinsik menunjukkan bahwa sebagian besar berpengaruh terhadap motivasi siswa. Hal ini karena motivasi ekstrinsik siswa dipengaruhi oleh dukungan moral dan materi yang berasal dari lingkungan keluarga, dukungan yang berasal dari masyarakat sekitar dan teman bergaul, lingkungan sekolah yang memiliki citra, kedisiplinan, sarana dan prasarana yang baik, serta imbalan berupa peluang kerja dan sertifikat yang akan diperoleh setelah lulus. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa motivasi intrinsik memiliki pengaruh yang lebih kuat terhadap siswa daripada motivasi ekstrinsik. Peneliti menyarankan bahwa sebaiknya siswa mempertimbangkan matang-matang dan mempersiapkan segala kebutuhan dalam memilih kompetensi keahlian. Bagi Ketua Kompetensi Keahlian Tata Busana sebaiknya mengadakan tes psikologi ketika memasuki kelas XI, agar dapat digunakan untuk mendeteksi motivasi dan bakat siswa. Siswa juga harus dimotivasi agar dapat berusaha dengan kemampuan yang dimiliki, sehingga semakin berkembang dan lebih kompeten. Bagi peneliti selanjutnya dapat membahas penelitian ini pada ruang lingkup yang berbeda dari segi indikator, seperti indikator intelegensi, promosi, maupun kebutuhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85796

Actions (login required)

View Item View Item