Pengembangan media pembuatan bustier pada mata pelajaran membuat busana wanita program keahlian tata busana di SMK 1 Gedangan Kabupaten Malang / Dya Ratna Octavianing Putri

Putri, Dya Ratna Octavianing (2020) Pengembangan media pembuatan bustier pada mata pelajaran membuat busana wanita program keahlian tata busana di SMK 1 Gedangan Kabupaten Malang / Dya Ratna Octavianing Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri, Dya Ratna Octavianing. 2019. Pengembangan Media Pembuatan Bustier pada Mata Pelajaran Membuat Busana Wanita Program Studi Keahlian Tata Busana di SMK Negeri 1 Gedangan Kabupaten Malang.Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. Nur Endah Purwaningsih, M.Pd., (2) Dra. Esin Sintawati, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Pembuatan Bustier. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak dalam pembuatan bustier berbasis multimedia interaktif pada siswa SMK Negeri 1 Gedangan Program Keahlian Tata Busana. Kendalanya selama ini menggunakan metode mengajar secara konvensional dan berbasis tugas (Project Based Learning) mempunyai dampak terhadap guru dalam mengukur ketercapaian tujun pembelajaran. Solusi dari kendala tersebut yaitu perlu dirancang, dan dikembangkan lingkungan pembelajaran interaktif yang dapat menjawab serta memenuhi kebutuhan belajar perorangan, Salah satunya media berbasis flash. Penelitian pengembangan yang digunakan mengadaptasi model ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap utama, yaitu Tahap 1 yaitu Analysis, pada tahap ini peneliti melakukan observasi awal berupa wawancara terhadap guru pengampu mata pelajaran membuat busana wanita. Hasil wawancara tersebut, Selama ini guru masih menggunakan media pembelajaran secara konvensional. Sehingga membutuhkan media interaktif, yang mampu memberikan solusi dalam pembelajaran membuat bustier menjadi lebih mudah dipahami oleh siswa dan fleksibel. Hasil wawancara tersebut dijadikan peneliti untuk mengembangkan kuisioner terhadap siswa. Peneliti menyebar angket tertutup kepada 15 siswa kelas XII yang sudah menempuh praktik pembuatan bustier. Sebanyak 10 pertanyaan, hasil kuisioner tersebut dari 15 siswa, 12 siswa menyatakan kesulitan dalam pembuatan bustier. Sehingga kendala tersebut membutuhkan solusi yang tepat berupa media pembelajaran interaktif. Tahap 2 yaitu Design, pada tahap ini peneliti membuat storyboard berisi materi pembuatan bustier dari mulai mempersiapkan alat dan bahan, pembuatan pola, pemotongan pola hingga langkah menjahit bustier dan finishing. Semua berupa simulasi. Tahap 3 yaitu Development, pada tahap ini produk media pembelajaran yang telah jadi divalidasikan kepada 2 ahli, ahli pertama adalah ahli materi dan ahli kedua adalah ahli media. Hasil validasi kedua ahli adalah: ahli materi diperoleh persentase sebesar 90,12%. Ahli media diperoleh persentase sebesar 97,50%. Berdasarkan hasil tersebut media dinyatakan sangat layak untuk diimplementasikan di SMKN 1 Gedangan. Tahap 4 yaitu Implementation, pada tahap ini media pembelajaran interaktif yang telah jadi dan sudah divalidasi, maka langkah selanjutnya adalah diuji cobakan pada siswa kelas XI Program Keahlian Tata Busana sejumlah 32 siswa. Hasil uji coba menunjukkan persentase sebesar 95,68% artinya bahwa media ini layak untuk digunakan. Tahap 5 yaitu Evaluation, pada tahap ini tidak ada evalusi karena telah melewati tahap validasi dengan hasil yang layak dan hasil implementasi yang layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85795

Actions (login required)

View Item View Item