Tanggapan siswa terhadap pembelajaran grading digital pada mata pelajaran pembuatan busana industri di SMKN 7 Malang / Aminatul Ilmiyah Laila Oktaviyah

Oktaviyah, Aminatul Ilmiyah Laila (2020) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran grading digital pada mata pelajaran pembuatan busana industri di SMKN 7 Malang / Aminatul Ilmiyah Laila Oktaviyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Oktaviyah, Aminatul Ilmiyah Laila. 2019. Tanggapan Siswa terhadap Pembelajaran Grading Digital pada Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri di SMKN 7 Malang. Skripsi. Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Esin Sintawati, M.Pd., (2) Dra. Endang Prahastuti, M.Pd. Kata Kunci: Tanggapan, Grading Digital, Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri, SMK. Pembelajaran berbasis komputer (pembelajaran digital) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi lulusan SMK dalam menghadapi Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) di era Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap pembelajaran grading digital pada mata pelajaran pembuatan busana industri. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu 51 siswa SMKN 7 Malang yang telah melaksanakan pembelajaran grading digital berbasis CAD. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Pearson Product Moment dengan hasil 38 butir dari 46 pernyataan dinyatakan valid. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach yang memperoleh hasil sebesar 0,955 sehingga instrumen dinyatakan reliabel. Variabel pada penelitian ini yaitu tanggapan siswa terhadap pembelajaran grading digital yang terdiri dari tiga indikator yaitu: tanggapan siswa terhadap pembelajaran grading digital berdasarkan indera pengamat siswa, tanggapan siswa terhadap pembelajaran grading digital berdasarkan terjadinya pembelajaran dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran grading digital berdasarkan lingkungan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan siswa terhadap pembelajaran grading digital berdasarkan indera pengamat, sebagian besar siswa menyatakan dengan kategori baik dengan kesimpulan siswa menyatakan pembelajaran grading digital adalah baik dalam aspek kesiapan guru, perasaan siswa dan lain-lain. Pada tanggapan siswa berdasarkan terjadinya pembelajaran grading digital, sebagian besar siswa menanggapinya dengan kategori baik dengan kesimpulan bahwa terjadinya pembelajaran grading digital dapat memberikan kemanfaatan untuk siswa. Pada tanggapan siswa berdasarkan lingkungan pembelajaran grading digital, hampir seluruh siswa menanggapinya dengan kategori sangat baik dengan kesimpulan lingkungan belajar sudah mampu mendukung proses pembelajarn grading digital. Berdasarkan hasil rata-rata dari ketiga indikator, sebagian besar siswa menyatakan bahwa tanggapan siswa terhadap pembelajaran grading digital adalah baik. Disarankan: (1) bagi guru untuk menggunakan variasi metode pengajaran seperti penggunaan media belajar yang sesuai; (2) bagi sekolah diharapkan untuk melengkapi fasilitas komputer agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik; dan (3) bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan pada aspek-aspek lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85794

Actions (login required)

View Item View Item