Penerapan model pembelajaran problem based learning pada materi pembuatan pola busana pesta wanita di kelas XII Tata Busana 1 SMK Negeri 7 Malang / Kurnia Izati

Izati, Kurnia (2020) Penerapan model pembelajaran problem based learning pada materi pembuatan pola busana pesta wanita di kelas XII Tata Busana 1 SMK Negeri 7 Malang / Kurnia Izati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Izati, Kurnia. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Pembuatan Pola Busana Pesta Wanita di Kelas XII Tata Busana 1 SMK Negeri 7 Malang. Skripsi. Jurusan Teknologi Industri. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nur Endah Purwaningsih, M.Pd. (II) Dra. Endang Prahastuti, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Pola Busana Pesta Wanita. Model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi pembuatan pola busana pesta wanita di kelas XII Tata Busana 1 SMK Negeri 7 Malang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini berjumlah 62 siswa pada kelas XII Tata Busana di SMK Negeri 7 Malang yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Tata Busana 1 sebagai kelompok eksperimen dan XII Tata Busana 2 sebagai kelompok kontrol. Tes yang digunakan pada penelitian ini adalah tes praktik membuat pola busana pesta wanita. Hasil dari uji validitas sebesar 0,556 dan 6,969, hasil uji realibiltasnya sebesar 0,867 dan 0,579 . Hasil uji seluruh data bersifat valid dan reliabel. Hasil pretest pada kelas eksperimen mendapat nilai 75,28, untuk meningkatkan pemahaman siswa, peneliti menggunakan model Problem Based Learning yang terkait dengan cara membuat pola. Hal ini dikarenakan, kebanyakan siswa tidak faham cara membuat pola ketika model busana yang dibuat agak sulit. Setelah diberi perlakuan, peneliti melakukan posttest. Hasilnya rata-rata hasil posttest kelas eksperimen meningkat sebesar 85,68, sedangkan hasil angket tanggapan siswa diperoleh angka 84,02%. Problem Based Learning membuat siswa lebih memahami konsep yang diajarkan karena siswa sendiri yang menjalankan konsep tersebut. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai pretestnya sebesar 79,1. Kelas kontrol tidak mendapat perlakuan Nilai rata-rata posttest yang didapat pada kelas kontrol sebesar 80,9. Siswa hanya secara pasif menerima pengetahuan dari guru dan merasa sulit untuk mengembangkan konsep dan pemahaman. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning sangat baik penerapannya, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas XII Tata Busana 1 SMK Negeri 7 Malang. Penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning juga lebih baik jika dibandingkan dengan model konvensional. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian, untuk melihat pengaruh lain yang dihasilkan model ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85792

Actions (login required)

View Item View Item