Peningkatan aspek perkembangan bahasa anak melalui metode bernyanyi Kelompok A di TA Al-Falach Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Riska Laeli Purnamasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aspek perkembangan bahasa anak melalui metode bernyanyi Kelompok A di TA Al-Falach Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Riska Laeli Purnamasari

Purnamasari, Riska Laeli (2018) Peningkatan aspek perkembangan bahasa anak melalui metode bernyanyi Kelompok A di TA Al-Falach Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Riska Laeli Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purnamasari Riska Laeli. 2018. Peningkatan aspek perkembangan bahasa anak melalui metode bernyanyi kelompok A di TA Al-Falach Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Drs. I Made Seken M.Pd (2) Suryadi S.Sn. M.Pd. Kata Kunci Metode Bernyanyi Aspek Perkembangan Bahasa Bahasa Ekspresif Observasi dilakukan pada bulan November 2017 di lembaga TA Al-Falach kelompok A1. Observasi awal dengan mengamati enam aspek perkembangan anak usia 4-5 tahun dengan memperoleh data yaitu anak kurang berkembang pada aspek perkembangan bahasa khususnya pada aspek bahasa ekspresif maka peneliti memberikan solusi dalam peningkatan aspek perkembangan bahasa anak kelompok A melalui metode bernyanyi khususnya bahasa ekspresif membantu anak dalam kegiatan pembelajaran selain memberikan kesenangan terhadap anak juga dapat menarik perhatian anak untuk mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk untuk meningkatkan aspek perkembangan bahasa anak khususnya bahasa ekspresif melalui metode bernyanyi dan kegiatan pembelajaran tidak membosankan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) lebih mudah dalam prosedur tahapannya antara lain perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian melalui metode bernyanyi dapat menyampaikan pikiran gagasan dan perasaan untuk diekspresikan anak dapat mengucapkan bunyi kata saat bernyanyi sudah memenuhi kriteria ketercapaian diperoleh persentase 85 18% dengan jumlah 27 anak tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan aspek perkembangan bahasa anak melalui metode bernyanyi dengan kriteria ketercapaian kelas 8805 75% sudah baik. Penelitian dilaksanakan oleh tim peneliti dengan menemukan beberapa hal yang perlu diperhatikan dimasukkan dalam bentuk saran 1) Bagi lembaga sekolah diharapkan menerapkan metode bernyanyi dalam menyampaikan materi kegiatan pada kelas-kelas lain di TA Al-Falach untuk peningkatan aspek perkembangan bahasa 2) Bagi guru diharapkan menggunakan lirik lagu yang sesuai dengan tema dan kebutuhan anak ketika menyampaikan materi kegiatan supaya kegiatan pembelajaran tidak membosankan anak lebih aktif dan gembira (3) Bagi peneliti selanjutnya untuk menambah wawasan serta sebagai rujukan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8579

Actions (login required)

View Item View Item