Profil Teaching Factory (TEFA) Jurusan Tata Busana di SMK Negeri 3 Malang / Musyfirotun Nuril Ulya - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil Teaching Factory (TEFA) Jurusan Tata Busana di SMK Negeri 3 Malang / Musyfirotun Nuril Ulya

Ulya, Musyfirotun Nuril (2019) Profil Teaching Factory (TEFA) Jurusan Tata Busana di SMK Negeri 3 Malang / Musyfirotun Nuril Ulya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ulya Musyfirotun Nuril. 2019. Profil Teaching Factory (TEFA) Jurusan Tata Busana di SMK Negeri 3 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Busana Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Esin Sintawati M.Pd. (II) Dra. Endang Prahastuti M.Pd. Kata Kunci Profil Teaching factory TEFA Tata Busana TEFA adalah model pembelajaran dengan mendekatkan siswa pada kondisi industri yang sesungguhnya. SMK Negeri 3 Malang merupakan salah satu SMK percontohan bidang Tata Busana yang telah menerapkan TEFA. Oleh karena itu peneliti ingin meneliti tentang profil TEFA Jurusan Tata Busana SMK Negeri 3 Malang. Penelitian membahas mengenai profil TEFA Tata Busana meliputi manajemen proses belajar mengajar sumber daya manusia fasilitas kerjasama kegiatan produksi produk/jasa dan aspek legalitas. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif.. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Sumber informan penelitian yaitu manajemen sekolah ketua program keahlian guru dan siswa. Oleh karena itu triangulasi digunakan untuk memastikan data valid dalam penelitian ini. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) manajemen TEFA Jurusan Tata Busana SMK Negeri 3 Malang ditinjau dari struktur organisasi deskripsi tugas standar operasional kerja sudah baik (2) proses belajar mengajar sudah mengalami peningkatan meskipun materi yang tersampaikan belum menyeluruh (3) sumber daya manusia yang dimiliki cukup memenuhi kriteria (4) fasilitas sudah lengkap namun pemenuhan kebutuhan rasio 1 1 masih kurang (5) kerjasama yang terjalin dengan industri masih kurang dibuktikan dengan satu industri di awal pelaksanaan TEFA (6) kegiatan praktik dilakukan sudah sesuai dengan standar industri (7) produk/jasa yang dihasilkan juga sudah memenuhi standar industri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi TEFA di SMK Negeri 3 Malang sudah sesuai dengan standar manajemen TEFA. Peneliti memberikan saran pelaksanaan TEFA tetap harus ditingkatkan dari sebelumnya dan kekurangan segera diperbaiki agar tujuan kegiatan pembelajaran selanjutnya dapat tercapai. Kebutuhan akan pengembangan fasilitas perlu diperhatikan serta materi yang belum tersampaikan secara keseluruhan dapat tersampaikan. Penelitian lebih lanjut peneliti lain dapat melakukan pengembangan studi fokus tentang fasilitas atau proses pembelajaran di TEFA sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85788

Actions (login required)

View Item View Item