Peran tenaga pendidik dalam mengimplementasikan model pembelajaran Teaching Factory (TEFA) jurusan tata busana di SMK N 5 Malang / Melinda Kharisma Wati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran tenaga pendidik dalam mengimplementasikan model pembelajaran Teaching Factory (TEFA) jurusan tata busana di SMK N 5 Malang / Melinda Kharisma Wati

Wati, Melinda Kharisma (2019) Peran tenaga pendidik dalam mengimplementasikan model pembelajaran Teaching Factory (TEFA) jurusan tata busana di SMK N 5 Malang / Melinda Kharisma Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Melinda Kharisma Wati. 2019. Peran Tenaga Pendidik Dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Teaching Factory/TEFA Pada Jurusan Tata Busana Di SMK N 5 Malang . Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Nurul Hidayati S.Pd. M.Sn. (II) Dr. Agus Hery Supadmi Irianti M.Pd. Kata Kunci Teaching Factory (TEFA) Kompetensi Keahlian Tata Busana Pelaksanaan pembelajaran Teaching Factory di SMK membutuhkan persiapan yang matang karena pembelajaran ini mempelajari proses kegiatan produksi dan juga penerapan budaya industri. Berdasarkan survey di SMK N 5 Malang pelaksanaan model pembelajaran Teaching factory belum berjalan sepenuhnya. Hal ini disebabkan pelaksanaan Teaching factory baru berjalan satu tahun. Sehingga sumber daya manusia masih perlu menyesuaikan dengan program Teaching factory. Sumber daya manusia disini adalah tenaga pendidik atau guru yang merupakan salah satu aspek penting dalam konsep Teaching factory . Peran tenaga pendidik yang dimaksud adalah dalam konteks produksi yaitu sebagai pelaksana pendamping penguji dan konsumen dan disesuaikan dengan sintaksis Teaching factory pada saat pembuatan produk Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana peran tenaga pendidik dalam pengimplementasian model pembelajaran Teaching Factory (TEFA) yang berfokus pada jurusan Tata Busana dalam konteks produksi dan penelitian ini dilakukan di SMKN 5 Malang. metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif atau lebih spesifik menggunakan model interaktif. Tiga jenis kegiatan analisis (reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan) dan pengumpulan data sendiri merupakan proses siklus dan interaktif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Peran guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran Teaching Factory dalam konteks produksi yaitu bertindak sebagai pelaksana (memberi contoh/demo) sebagai pendamping (mendampingi/mengawasi kerja siswa) sebagai penguji (menilai kesesuaian hasil kerja siswa dengan standar) dan sebagai konsumen (menilai kelayakan hasil kerja siswa) sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan peranannya sesuai dengan proses produksi sesuai dengan sintaks pembelajaran TEFA dalam pedoman pembelajaran pada sekolah menengah kejuruan berdasarkan hasil penelitian yang diterapkan di Cal Poly - San Luis Obispo USA (Sema E. Alptekin 2001) dalam Alfiannizar (24-25 2018) yang terdiri dari lima langkah. Langkah-langkah tersebut antara lain (1) Menerima Order (2) Menganalisa Order (3) Menyatakan Kesiapan Mengerjakan Order (4) Mengerjakan Order (5) Mengevaluasi Produk dan (6) Menyerahkan Order

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85785

Actions (login required)

View Item View Item