Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe premiere pada materi pembuatan mood board di SMKN 3 Malang / Ari Aprilia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe premiere pada materi pembuatan mood board di SMKN 3 Malang / Ari Aprilia

Aprilia, Ari (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe premiere pada materi pembuatan mood board di SMKN 3 Malang / Ari Aprilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aprilia Ari. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Premiere Pada Materi Pembuatan Moodboard di SMKN 3 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Nurul Aini M.Pd (II) Dra. Sri Eko Puji Rahayu M.Si. Kata Kunci Pengembangan media adobe premiere pembuatan moodboard Pengembangan media video tutorial pembuatan moodboard dilatar- belakangi oleh analisis kebutuhan. Berdasarkan analisis kurikulum dibutuhkan media untuk mempermudah siswa dalam pembelajaran. Analisis kebutuhan berdasarkan karakteristik siswa lebih menyukai bacaan yang berisi gambar dan video yang sifatnya mempermudah siswa untuk mengikuti materi pembuatan moodboard tersebut maka perlu dikembangkan media video tutorial sehingga dapat meningkatkan minat siswa dalam mempelajari materi. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media video tutorial pada mata pelajaran desain busana. Media ini difokuskan pada materi pembuatan moodboard busana casual sesuai dengan KD 3.6 kurikulum 2013. Media ini diproduksi dalam bentuk CD yang dikemas menggunakan kotak CD. Prosedur pengembangan yang digunakan yakni model ADDIE. Prosedur pengembangan ini terdiri dari 5 langkah antara lain (1) analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi (5) Evaluasi. Hasil validasi dan uji coba menunjukkan bahwa media pembelajaran sangat valid dan layak digunakan dengan hasil presentase kelayakan yaitu (1) validator ahli materi materi 79.41% (2) validator ahli media 97.61% dan (3) uji coba (siswa) 90%. Berdasarkan presentase kelayakan tersebut maka media video tutorial pembuatan moodboard dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Rekomendasi untuk pengembangan selanjutnya membuat multimedia interaktif berbasis adobe flash agar materi yang dicantumkan lebih luas dan memanfaatkan forum pendidikan seperti MGMP Tata Busana untuk mengenalkan produk pada SMK di Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85782

Actions (login required)

View Item View Item