Sukmaningratri, Endah Dewi (2018) Pelaksanaan Exercise of Practical Life (EPL) dan dampaknya pada kemandirian anak Kelompok B di KB/TK It Ibadurrahman Ponggok Kabupaten Blitar / Endah Dewi Sukmaningratri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Sukmaningratri Endah Dewi. 2018. Pelaksanaan Exercise of Practial Life (EPL) dan Dampaknya pada Kemandirian Anak Kelompok B di KB/TK IT Ibadurrahman Ponggok Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar. (II) Evania Yafie S. Pd. M. Pd Kata Kunci Exercise of Practical Life Kemandirian Kemandirian merupakan kemampuan anak dalam melakukan suatu kegiatan tanpa bergantung dengan orang lain. Anak usia 5-6 tahun seharusnya sudah mampu mengerjakan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya sendiri. Kenyataannya masih banyak anak yang bergantung dengan orang lain terutama orang tua. Mereka belum mampu bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan. Berdasarkan studi pendahuluan di KB/TK IT Ibadurrahman ditemukan bahwa mayoritas peserta didiknya tidak bergantung dengan orang lain terutama guru ketika di sekolah. Hal ini dikarenakan efektifnya kegiatan pengembangan kemandirian yang dilakukan guru. Pengembangan kemandirian anak menggunakan metode pembiasaan dan Exercise of Practical Life. Kegiatan EPL mengajarkan pada anak untuk melakukan kegiatan sehari-hari terutama dalam mengurus diri sendiri tanpa bantuan orang dewasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan Exercise of Practical Life dan dampak yang diberikan pada kemandirian anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah anak kelompok B. Cara pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman observasi wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan proses pembelajaran EPL dan kemandirian anak.Kemudian di analisis menggunakan analisis data Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian adalah kemandirian anak pada kelompk B sudah dapat dikatan baik dan bagus. Berdasarkan paparan data dan pembahasan pada bab sebelumnya peneliti dapat menyimpulkan bahwa untuk mengembangkan kemandirian anak guru menggunakan metode pembiasaan dan kegiatan EPL diharapkan dengan metode ini dapat meningkatkan kemandirian anak sesuai dengan 6 indikator yang akan dikembangkan. Saran untuk pendidik agar terus meningkatkan kegiatan dalam pengembangan kemandirian anak. Saran untuk peneliti selanjutnya agar dapat menemukan perbedaan kemandirian anak antara sekolah yang menggunakan kegiatan EPL dengan sekolah tanpa kegiatan EPL.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8578 |
Actions (login required)
View Item |