Tanggapan guru tata busana SMKN Se-malang Raya terhadap isi bahan ajar modul dasar teknologi menjahit / Izatul Munawaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Tanggapan guru tata busana SMKN Se-malang Raya terhadap isi bahan ajar modul dasar teknologi menjahit / Izatul Munawaroh

Munawaroh, Izatul (2019) Tanggapan guru tata busana SMKN Se-malang Raya terhadap isi bahan ajar modul dasar teknologi menjahit / Izatul Munawaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Munawaroh Izatul. 2019. Tanggapan Guru Tata Busana SMKN se-Malang Raya terhadap Isi Bahan Ajar Modul Dasar Teknologi Menjahit. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Esin Sintawati M.Pd. (II) Dra. Hapsari Kusumawardani M.Pd. Kata kunci Tanggapan Guru Tata Busana Modul Dasar Teknologi Menjahit Modul Dasar Teknologi Menjahit merupakan bahan ajar yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMK pada tahun 2013. Modul tersebut merupakan modul yang disusun dengan berpedoman pada kurikulum 2013 namun pada saat ini kurikulum mengalami perkembangan menjadi kurikulum 2013 edisi revisi. Berdasarkan perkembangan kurikulum isi modul berbeda dengan kompetensi dasar yang ada dalam pedoman kurikulum 2013 edisi revisi. Perbedaan ini menjadikan peneliti ingin melihat tingkat kesesuaian modul terhadap perkembangan kurikulum 2013 edisi revisi dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tanggapan yang diberikan guru tata busana SMKN se-Malang Raya terhadap isi modul Dasar Teknologi Menjahit. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 40 guru yang terdiri dari guru tata busana SMKN se Malang Raya. Penelitian ini memiliki lima sub variabel yang digunakan sebagai alat ukur penelitian yakni kandungan isi karakteristik modul elemen keefektifan dan evaluasi terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada sub variabel kandungan isi sebanyak 50% responden menyatakan kandungan isi modul masih kurang sesuai terhadap perkembangan kurikulum terbaru (kurikulum 2013 edisi revisi) pada sub variabel karakteristik modul sebanyak 60% responden menyatakan modul telah memiliki karakteristik yang sesuai dengan pedoman karakteristik penyusunan modul pada sub variabel elemen modul sebanyak 50% responden menyatakan modul telah memiliki elemen sesuai dengan pedoman elemen yang harus ada dalam modul pada sub variabel keefektifan sebanyak 70% responden menyatakan modul telah efektif digunakan dalam pembelajaran dan pada sub variabel evaluasi terhadap hasil belajar peserta didik sebanyak 90% responden menyatakan bahwa evaluasi dalam modul telah mampu digunakan sebagai alat ukur hasil belajar peserta didik. Berdasarkan penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa tanggapan guru tata busana SMKN se Malang Raya terhadap isi bahan ajar modul dasar teknologi menjahit secara keseluruhan dapat dapat disimpulkan telah sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Saran dalam penelitian bagi penulis adalah sebaiknya mengevaluasi kembali isi modul melakukan perbaikan dan penyempurnaan supaya tujuan pembelajaran modul dapat tercapai dengan baik. Bagi guru sebaiknya guru dapat menyesuaikan penggunaan modul dan dapat memperkaya pengetahuan peserta didik dengan kreasi dalam bentuk kegiatan lain yang relevan dengan pembelajaran dalam modul. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat lebih banyak peneliti yang mampu mengembangkan bahan ajar modul yang disusun sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dan perkembangan kurikulum yang sedang diterapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85774

Actions (login required)

View Item View Item