Pengembangan permainan geometry circuit pada pembelajaran mengenal bentuk geometri untuk anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Malang / Alfiani Dwi Kartikasari

Kartikasari, Alfiani Dwi (2018) Pengembangan permainan geometry circuit pada pembelajaran mengenal bentuk geometri untuk anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Malang / Alfiani Dwi Kartikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kartikasari, Alfiani Dwi. 2018. Pengembangan Permainan Geometry Circuit pada Pembelajaran Mengenal Bentuk Geometri untuk Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. I Made Seken, M. Pd., (II) Leni Gonadi, M. Pd Kata Kunci: Geometry Circuit, Mengenal Bentuk Geometri Pengembangan kemampuan anak selama masa pertumbuhannya selalu terkait dengan minat anak dalam bermain. Hal tersebut membuktikan bahwa pentingnya guru merancang suatu pembelajaran yang menyenangkan bagi anak dan dapat dilakukan sambil bermain. Berdasarkan hasil observasi di TK Negeri Pembina 2 Kota Malang ditemukan bahwa Kegiatan pembelajaran yang dilakukan sering meminta anak untuk mengerjakan lembar kerja, sedangkan dalam kegiatan pembuka atau penjelasan materi guru kurang menggunakan media yang menarik minat anak untuk belajar hanya menggunakan media poster dan gambar ilustrasi. Permainan yang dilakukan sebagai salah satu inovasi pembelajaran hendaknya menggunakan media yang menarik serta dilakukan dengan berbagai aktifitas yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan permainan yang menarik, efektif, dan efisien untuk digunakan oleh anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Dick & Carey terdiri dari sepuluh langkah. Namun pada penelitian dan pengembangan ini peneliti memodifikasi untuk melakukan sembilan langkah pengembangan permainan Geometry Circuit. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang berupa kuesioner. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Hasil penelian dan pengembangan ini adalah anak tertarik dengan permainan Geometry Circuit, hal tersebut terbukti pada saat kegiatan bermain anak merasa senang dan antusias memainkan media yang terdapat pada permainan. Selain itu permainan ini efektif digunakan pada pembelajaran mengenal bentuk geometri, hal tersebut terbukti pada ketercapaian tujuan pembelajaran yang sudah dibuat sebelumnya. Serta melalui permainan Geometry Circuit tersebut anak tepat dalam mengenal konsep bentuk geometri, konsep bilangan, serta konsep ukuran. Permainan Geometry Circuit ini efisien digunakan karena menggunakan bahan yang terjangkau serta mudah didapatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8577

Actions (login required)

View Item View Item