Peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok bermain melalui kegiatan melipat, membentuk dan menempel KB Santo Yusup III, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang / Anastasia Ceasaria Andini

Andini, Anastasia Ceasaria (2018) Peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok bermain melalui kegiatan melipat, membentuk dan menempel KB Santo Yusup III, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang / Anastasia Ceasaria Andini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Andini, Anastasia Ceasaria. 2017. Peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok bermain melalui kegiatan melipat, membentuk dan menempel KB Santo Yusup III Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Drs. I Made Seken, M.Pd, (II) Suryadi, S.Sn, M.Pd. Kata Kunci: Motorik halus, kegiatan melipat, menempel dan membentuk. Kemampuan motorik halus pada anak kelompok bermain 1 KB Santo Yusup III malang masih belum mencapai capaian perkembangan anak. Hal tersebut karena kurangnya inovasi lain dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak sehingga membuat keterampilan motorik halusnya belum optimal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan kegiatan melipat, membentuk dan menempel untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak Kelompok Bermain KB Santo Yusup III Malang; 2) apakah kegiatan melipat, membentuk dan menempel dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok bermain KB Santo Yusup III Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & MC. Taggart dalam 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar kemampuan motorik halus anak dan pedoman wawancara. Subyek penelitian adalah anak kelompok bermain 1 KB Santo Yusup III Malang. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa pelaksanaan kegiatan melipat membentuk dan menempel yang dilakukan dalam 7 langkah kegiatan dapat menarik minat anak untuk melakukan kegiatan yang dapat mengembangkan kegiatan motorik halusnya. Peningkatan kemampuan motorik halus dari siklus 1 pertemuan I pada kriteria BSH dan BSB sebanyak 57% dengan jumlah anak 12 anak, pertemuan II sebanyak 71% dengan jumlah anak sebanyak 14 anak yang sudah dapat berkembangan dengan baik. Pada siklus II sebanyak 90% dengan 19 anak. Kesimpulannya bahwa kegiatan melipat, membentuk dan menempel terbukti dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak yang sesuai dengan langkah-langkah yang sudah disusun. Kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok bermain sebesar 90% dengan 19 anak yang telah mencapai kriteria BSH dan BSB. Berdasarkan keberhasilan penelitian tersebut disarankan bagi kepala sekolah untuk memberikan fasilitas berupa sarana dan prasaran untuk mengembangkan kegiatan melipat, membentuk dan menempel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8576

Actions (login required)

View Item View Item