Upaya peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan M3 (Menggunting, Mewarnai, dan Mengusap abur) pada kelompok A TK PKK Bandulan Kota Malang / Friska Annisa

Annisa, Friska (2018) Upaya peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan M3 (Menggunting, Mewarnai, dan Mengusap abur) pada kelompok A TK PKK Bandulan Kota Malang / Friska Annisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Annisa, Friska. 2018. ÔÇ£Upaya Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan M3 (Menggunting, Mewarnai dan Mengusap ABUR) Pada Anak Kelompok A TK PKK Bandulan Kota MalangÔÇØ. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs Usep Kustiawan M.Sn, (II) Retno Tri Wulandari, S.Pd, M.Pd. Kata kunci : Motrik Halus, Kegiatan M3 (Menggunting, Mewarnai dan Mengusap Abur) Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada anak kelompok A2 TK PKK Bandulan Kota Malang, diketahui bahwa kemampuan motorik halus anak masih kurang . Hasilnya dari 18 anak, 55,5 % anak belum berkembang dalam hal menggunting sesuai pola, 72,7 % anak belum berkembang dalam hal menempel dan 55,5 % anak belum berkembang dalam hal mewarnai. Kegiatan yang mampu mengembangkan kemampuan motorik halus anak contohnya ialah melalui kegiatan M3. Kegiatan M3 adalah kegiatan yang terdiri dari menggunting, mewarnai dan mengusap abur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan kegiatan M3 (menggunting, mewarnai dan mengusap abur) untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok A TK PKK Bandulan Kota Malang dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok A TK PKK Bandulan melalui kegiatan M3. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jumlah siklus sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan ialah lembar catatan lapangan, dokumentasi berupa foto, pedoman wawancara dan instrumen penilaian. Teknis analisis pada penelitian ini adalah analisis deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Penerpan kegiatan M3 ini menunjukkan bahwa anak kelompok A sudah mampu menggunting sesuai pola gambar, mewarnai gambar secara rapi dan anak sudah mampu menjiplak gambar. Hasil penelitian menunjukkan persentase ketercapaian kelas dalam pembelajaran menggunting, mewarnai dan mengusap abur melalui kegiatan M3 mengalami peningkatan dari pra tindakan 22 % ke siklus I sebesar 50 % dan siklus II Ketercapaian kelas meningkat sebesar 89 %. Hasilnya terjadi peningkatan kelas 39 %. Kesimpulan penelitian ini adalah kegiatan M3 sebagai bentuk upaya peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok A yang dilakukan sesuai langkah-langkah yang telah direncanakan. Kegiatan M3 dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A TK PKK Bandulan. Peneliti juga memberi saran kepada guru untuk menggunakan kegiatan M3 dalam proses pembelajaran, bagi peneliti selanjutnya diharapkan peneliti selanjutnya mampu meperbaiki kekurangan untuk mendapat hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8575

Actions (login required)

View Item View Item