Penerapan permainan see and show untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Dewantara Kuniran Kabupaten Bojonegoro / Nisyatul Khoirin Nisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan see and show untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Dewantara Kuniran Kabupaten Bojonegoro / Nisyatul Khoirin Nisa

Nisa, Nisvatul Khoirin (2018) Penerapan permainan see and show untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Dewantara Kuniran Kabupaten Bojonegoro / Nisyatul Khoirin Nisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nisa Nisvatul Khoirin. 2018. Penerapan permainan see and show untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Dewantara Kuniran Kabupaten Bojonegoro. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Pendidikan Panak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd M.Pd. (II) Eny Nur Aisyah S.Pd.I M.Pd Kata Kunci Kemampuan berbicara Anak kelompok B penerapan permainan see and show Kegiatan pembelajaran yang diawali dengan bercakap-cakap menulis dilanjutkan mengerjakan LK merupakan rutinitas pembelajaran yang dilaksanakan guru di dalam kelas Kurangnya permainan yang bisa menstimulasi kemampuan berbicara anak ini yang menjadikan anak-anak kelompok B TK Dharma Wanita Dewantara kuniran ini kurang terstimulasi kemampuan berbicaranya hal ini yang menjadikan kurang berkembangnya kemampuan berbicara anak. Rumusan masalah pada penelitian in ada 2 yaitu 1) Bagaimana penerapan permainan See and Show dalam peningkatan kemampuan berbicara anak anak kelompok B di TK Dharma Wanita Dewantara 2) Bagaimana hasil penerapan permainan See and Show pada anak kelompok B di TK DharmaWanita Dewantara Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus dari Kemis dan Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa penerapan permainan see and show dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak. Hal ini dapat dilihat dari persentase keberhasilan kelas pada pra tindakan sebesar 44% mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 56% sedangkan pada siklus II persentase keberhasilan kelas sebesar 76%. Pada siklus II ini penelitian sudah dapat dinyatakan berhasil hal ini dikarenakan persentase yang dicapai sudah lebih dari 75%. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan permainan see and show dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Dewantara Kuniran kemampuan tersebut meliputi kemampuan untuk ketepatan dalam menyusun kalimat sederhana kelancaran dalam menjwab pertanyaan dan kesesuaian dalam menceritakan sebuah cerita. Dengan demikian penulis menyarankan agar guru dapat menerapkan permainan see and show dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak. Penerapan permainan see and show ini dilaksanakan agar anak lebih semangat dan termotivasi untuk belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8573

Actions (login required)

View Item View Item