Pengembangan media kotak unboxing show untuk menstimulasi kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di Kota Malang / Kunneinur Putih Fejirelia

Fejirelia, Kunneinur Putih (2018) Pengembangan media kotak unboxing show untuk menstimulasi kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di Kota Malang / Kunneinur Putih Fejirelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fejirelia, Kunneinur Putih. 2018. Pengembangan Media Kotak Unboxing Show untuk Menstimulasi Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. I Wayan Sutama M.Pd (II) Eny Nur Aisyah S.Pd M.Pd Kata Kunci: kemampuan berbicara; media pembelajaran; kotak unboxing show. Keterampilan berbicara merupakan kemampuan berbahasa yang sangat penting. Kemampuan berbicara dapat distimulus melalui kegiatan bercerita. Mengembangkan keterampilan berbicara dengan bercerita dibutuhkan sebuah media yang mendukung. Berdasarkan hasil observasi di 5 TK di Malang (TK Yalawidya, TK Aisyiyah Bustanul Athfal 07, TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26, TK Permata Bunda, dan RA Muslimat NU 25) hanya ada 6-8 anak yang terlihat antusias ketika kegiatan bercerita. Ketika kegiatan bercerita media yang digunakan hanya berupa buku cerita, cerita yang ada di lembar kerja anak dan media nyata. Kegiatan bercerita dengan menggunakan media yang menarik masih belum sering digunakan guru, misalnya boneka tangan atau boneka jari. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media pembelajaran kotak Unboxing Show yang efektif, efisien, dan menarik yang dapat digunakan untuk menstimulasi kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun. Pengembangan media kotak unboxing show ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang hanya menggunakan 7 langkah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian pengembangan ini adalah angket dan lembar observasi. Subjek penelitian pada tahap ahli adalah 2 ahli media, 2 ahli materi, dan 2 ahli pembelajaran anak usia dini. Subjek penelitian pada tahap uji coba kelompok kecil adalah 10 anak kelompok B di TK Permata Bunda, sedangkan subjek uji coba kelompok besar adalah TK Yalawidya, TK Aisyiyah Bustanul Athfal 07, TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26, dan RA Muslimat NU 25. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh maka media kotak unboxing show yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media untuk menstimulasi kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun yang valid, efektif, efisien, dan menarik. Penyempurnaan produk berdasarkan hasil revisi telah dilakukan dan menghasilkan media kotak unboxing show yang merupakan media kotak berukuran 35 cm x 26 cm x 7 cm seperti koper yang di dalamnya terdapat lembaran berukuran 21 cm x 29,7 cm sebanyak 10 lembar. Setiap lembarnya berisi gambar yang berbeda-beda untuk menunjang kegiatan yang menstimulasi kemampuan berbicara anak. Pemanfaatan media kotak unboxing show ini perlu mempertimbangkan situasi, usia, dan tingkat kemampuan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8572

Actions (login required)

View Item View Item