Penerapan metode eksperimen dengan teknik melukis di atas air untuk meningkatkan kemampuan seni anak kelompok B di TK Pertiwi Kamulan Kecamatan Talun Kabupaten Blitar / Dhiajeng Yunita Enggarwati

Enggarwati, Dhiajeng Yunita (2018) Penerapan metode eksperimen dengan teknik melukis di atas air untuk meningkatkan kemampuan seni anak kelompok B di TK Pertiwi Kamulan Kecamatan Talun Kabupaten Blitar / Dhiajeng Yunita Enggarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Dhiajeng Yunita, Enggarwati. 2018. Penerapan Metode Eksperimen dengan Teknik Melukis di Atas Air untuk Meningkatkan Kemampuan Seni Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Kamulan Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1- Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah, fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Usep Kustiawan, M.Sn (II) Nur Anisa, M.Pd. Kata Kunci: Melukis di Atas Air dan Seni Melukis suatu proses untuk mengungkapkan ide/gagasan melalui unsur pigmen/warna sehingga dapat dikatakan bahwa warna adalah unsur yang utama dalam karya tulisan. Adapun salah satu kegiatan seni yang dapat dikembangkan pada anak, seperti kegiatan melukis di atas air. Kegiatan melukis di atas air adalah keguiatan yang dikembangkan dengan berolah tangan menggunakan alat atau media, seperti lidi, kertas, dan cat minyak, clemek, dan sarung tangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode eksperimen dengan teknik melukis di atas air untuk meningkatkan kemampuan seni anak kelompok B di TK Pertiwi Kamulan Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindak Kelas (PTK). Subjek penelitian sebanyak 9 anak, yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan 2 siklus, masing-masing siklus 2 pertemuan. Setiap siklus ada 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan teknik observasi yang berupa lembar observasi pembelajaraan guru, lembar pedoman wawancara , dan dokomentasi berupa foto. Intrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen penilaian kemampuan seni anak dalam melukis di atas air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan melukis di atas air dilaksanakan dengan baik oleh guru dan anak sesuai dengan langkah-langkah yang telah di rencanakan. Dalam kegiatan melukis di atas air mengalami peningkatan selama penelitian, siklus I yaitu 44% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 88%. Pada kedua siklus tersebut mengalami peningkatan ketercapaian kelas sebesar 44%, Dapat ditarik kesimpulan berdasarkan temuan peneliti, bahwa penerapan metode eksperimen dengan melukis di atas air dapat meningkatkan kemampuan seni anak kelompok B di TK Pertiwi Kamulan Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Oleh karena itu, kegiatan melukis di atas air sangat disarankan, karena sangat menarik bagi anak. Kegiatan melukis di atas air juga meningkatkan aspek bahasa, kognitif, sosial emosional dan motorik pada anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8571

Actions (login required)

View Item View Item