Peningkatan karakter sopan santun melalui kegiatan bermain peran (role playing) pada anak kelompok B1 di KB/TK An-Nur Malang / Qonik Hamidiyah Hasanah

Hasanah, Qonik Hamidiyah (2018) Peningkatan karakter sopan santun melalui kegiatan bermain peran (role playing) pada anak kelompok B1 di KB/TK An-Nur Malang / Qonik Hamidiyah Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hasanah, Qonik Hamidiyah. 2018. Peningkatan Karakter Sopan Santun Melalui Kegiatan Bermain Peran (Role Playing) pada Anak Kelompok B1 di KB/TK An-Nur Malang. Skripsi Prodi SI-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. SaÔÇÖdun Akbar, M.Pd., (II) Sandy Tegariyani Putri Santoso, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Karakter Sopan Santun, Kegiatan Bermain Peran (Role Playing), anak kelompok B Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya karakter sopan santun yang harus ditanamkan sejak usia dini. Penanaman karakter sopan santun sejak usia dini adalah untuk membentuk anak tumbuh menjadi pribadi yang baik. Peneliti melakukan tindakan untuk meningkatkan karakter sopan santun melalui kegiatan bermain peran. Kegiatan bermain peran dapat membantu anak belajar karakter sopan santun melalui interaksi yang dilakukan dalam bermain peran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan bermain peran (role playing) untuk meningkatkan karakter sopan santun pada anak kelompok B1 di KB/TK An-Nur Malang, (2) untuk mendeskripsikan peningkatan karakter sopan santun anak kelompok B1 di KB/TK An-Nur Malang melalui kegiatan bermain peran (role playing). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah adalah anak kelompok B1 di KB/TK An-Nur Malang dengan jumlah siswa 23 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Kegiatan bermain peran yang dilakukan adalah jenis kegiatan main peran makro dengan tahap-tahap: 1) menghangatkan suasana dan memotivasi anak, 2) memilih peran dalam pembelajaran, 3) menyusun tahap-tahap peran, 4) menyiapkan pengamat, 5) tahap pemeranan, 6) diskusi dan evaluasi pembelajaran, 7) pemeranan ulang, 8) diskusi dan evaluasi tahap dua, 9) membagi pengalaman dan pengambilan kesimpulan. Hasil yang diperoleh yakni kualitas belajar anak meningkat. Anak yang kondisi awalnya kurang memiliki karakter sopan santun menjadi bisa mengucapkan salam, mengucapkan terimakasih, meminta tolong yang baik, dan meminta maaf. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketercapaian kelas pada setiap siklus, yaitu pra penelitian 13,04%, siklus I 30,43%, dan siklus II 91,3%. Kesimpulan yang didapatkan adalah bahwa penerapan kegiatan bermain peran (role playing) dapat meningkatkan karakter sopan santun anak kelompok B1 di KB/TK An-Nur Malang. Melihat keberhasilan ini maka disarankan kepada lembaga dan guru agar menggunakan kegiatan bermain peran dalam meningkatkan karakter sopan santun anak. Kemudian kepada peneliti selanjutnya untuk memberikan bimbingan pada anak yang kurang percaya diri dalam menerapkan kegiatan bermain peran untuk meningkatkan karakter sopan santun anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8570

Actions (login required)

View Item View Item