Peningkatan kemampuan bahasa dengan metode Glenn Doman melalui permainan sedotan ajaib pada kelompok A di TK Islam Kharisma Karangploso Kabupaten Malang / Silfi Adina

Adina, Silfi (2018) Peningkatan kemampuan bahasa dengan metode Glenn Doman melalui permainan sedotan ajaib pada kelompok A di TK Islam Kharisma Karangploso Kabupaten Malang / Silfi Adina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adina, Silfi. 2017. Peningkatan Kemampuan Bahasa dengan Metode Glenn Doman melalui Permainan Sedotan Ajaib Pada Kelompok A di TK Islam Kharisma Karangploso Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. I Made Seken, M.Pd, (II) Leni Gonadi, S.Pd. M.Pd Kata Kunci: Metode Glenn Doman,Kemampuan Bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak dalam mengenal lambang huruf. Kelompok A di TK Islam Kharisma Malang. Rancangan tersebut berupa kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kemampuan bahasa dalam media yang inovatif untuk mencapai perkembangan kemampuan bahasa. Hasil observasi ditemukan 13 dari 14 anak belum dapat mengenal lambang huruf vokal maupun konsonan, anak belum dapat menyebutkan lambang huruf yang dikenal, dan menyebutkan kelompok gambar yang memiliku bunyi/huruf awal yang sama. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan Analisis deskriptif kualitatif dan Analisis deskriptif kuantitatif. dilaksanakan kolaborasi dengan guru yang terdiri dari 2 sikus 4 tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Pengumpulan data yang digunakan terdiri dari lembar observasi dan dokumentasi serta instrumen ketercapaian anak. Subjek penelitian adalah anak-anak kelompok A TK Islam Kharisma dengan jumlah 14 anak, yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Glenn doman dengan permainan sedotan ajaib dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok A. Hal tersebut didukung dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yaitu pada siklus I 21,42% dari 14 anak yang mengalami peningkatan. Pada siklus II 71,42% dari 14 anak mengalami peningkatan. Berdasarkan temuan peneliti, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan metode Glenn Doman melalui permainan sedotan ajaib dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak pada kelompok A TK Islam Kharisma Karangploso. Oleh karena itu, penerapan metode Glenn Doman dalam mengenal lambang huruf melalui permainan sedotan ajaib sangat disarankan, dikarenakan media tersebut sangat menarik dan menyenangkan bagi anak. 1 . 2

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8569

Actions (login required)

View Item View Item