Pemanfaatan konteks natural untuk meningkatkan kecakapan bicara anak kelompok B di RA Muslimat NU 25 Malang / Dewi Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan konteks natural untuk meningkatkan kecakapan bicara anak kelompok B di RA Muslimat NU 25 Malang / Dewi Utami

Utami, Dewi (2018) Pemanfaatan konteks natural untuk meningkatkan kecakapan bicara anak kelompok B di RA Muslimat NU 25 Malang / Dewi Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Utami Dewi. 2018. Pemanfaatan Konteks Natural Untuk Meningkatkan Kecakapan Bicara Anak Kelompok B di RA Muslimat NU 25 Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd M.Pd (II) Evania Yafie S.Pd M.Pd. Kata Kunci Konteks Natural Kecakapan Bicara Upaya Guru Berdasarkan hasil pengamatan pada kelompok B RA Muslimat NU 25 Malang diketahui bahwa kecakapan bicara anak belum berkembang optimal. Anak kurang cakap dalam bercerita dan mengungkapkan ide hal ini tampak pada 8 dari 13 anak yang belum cakap dalam bercerita dan mengungkapkan ide. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemanfaatan konteks natural pada kelompok B di RA Muslimat NU 25 Malang. (2) Mendeskripsikan peningkatan kecakapan bicara anak setelah dilakukan upaya dengan memanfaatkan konteks natural pada kelompok B di RA Muslimat NU 25 Malang. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri atas (1) perencanaan (2) tindakan dan pengamatan (3) Refleksi (4) memperbaiki perencanaan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang diamati meliputi data kecakapan bicara anak yang terdiri dari kecakapan bercerita dan mengungkapkan ide. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 13 anak dengan 7 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan konteks natural dapat meningkatkan kecakapan bicara anak. Hal tersebut didukung dengan hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan yaitu pada siklus 1 pertemuan 1 ketercapaian kelas sebesar 46 15% pada pertemuan 2 menjadi 61 54 % pada siklus ke 2 pertemuan pertama ketercapaian kelas mencapai 69 23% dan pada pertemuan dua menjadi 92 31%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa upaya guru meningkatkan kecakapan bicara dengan pemanfaatan konteks natural dapat meningkatkan kecakapan bicara anak. Peneliti memberikan saran kepada guru untuk memperbaiki tindak pembelajaran dan bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan pemanfaatan konteks natural untuk meningkatkan aspek perkembangan dan kecakapan yang lain sesuai kurikulum yang berlaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8568

Actions (login required)

View Item View Item