Pemanfatan buku pop-up untuk meningkatkan bahasa anak dalam mengenal hurufabjad A-Z dan kata sederhana kelompok B TK ABA 18 Malang / Zenik Ustadah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfatan buku pop-up untuk meningkatkan bahasa anak dalam mengenal hurufabjad A-Z dan kata sederhana kelompok B TK ABA 18 Malang / Zenik Ustadah

Ustadah, Zenik (2018) Pemanfatan buku pop-up untuk meningkatkan bahasa anak dalam mengenal hurufabjad A-Z dan kata sederhana kelompok B TK ABA 18 Malang / Zenik Ustadah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ustadah Zenik. 2014. Pemanfaatan Buku Pop-up untuk Meningkatkan Bahasa Anak dalam Mengenal Huruf Abjad dan Kata sederhana Kelompok B TK ABA 18 Malang. Skripsi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Drs. Usep Kustiawan M.Sn. (II) Nur Anisa S.Pd M.Pd. Kata Kunci Buku Pop-up Huruf Abjad dan Kata Sederhana Anak Kelompok B Bahasa Mengenalkan huruf abjad lebih baik menggunakan media pembelajaran karena pengenalan huruf dan media pembelajaran merupakan unsur yang sangat penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Hasil wawancara dan observasi yang dilakukan oleh peneliti di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 18 menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa sederhana anak belum optimal. Faktor penyebab anak belum menguasai huruf abjad dan kata sederhana karena anak kurang fokus dalam mengikuti kegiatan di dalam kelas suka melamun didalam kelas berbicara atau main sediri dan kegiatan yang diberikan oleh guru kurang menarik atau bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan huruf abjad dan kata sederhana terhadap anak usia dini melalui buku pop-up alphabet supaya anak dapat mengetahui dan memahami huruf abjad dan kata sederhana dengan baik. Dalam penelitian ini dilakukan analisis data untuk mengetahui perkembangan anak dalam mengenal serta memahami huruf abjad dan kata sederhana dengan cara mendokumentasi kegiatan yang terkait dengan pengenalan huruf abjad dan kata sederhana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas adalah proses investigasi terkendali untuk menemukan dan memecahkan masalah pembelajaran di kelas proses pemecahan masalah tersebut dilakukan dengan bersiklus dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil pembelajaran di kelas tertentu (Akbar 2009). Setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil refleksi digunakan sebagai dasar untuk perbaikan proses dan hasil pembelajaran pada siklus berikutnya. Langkah-langkah penggunaan buku pop-up terdapat beberapa langkah yaitu 1) mengenal huruf abjad konsonan dan vokal 2) penggalan kata disertai gambar seperti a-ga-ma 3) membaca berupa kata disertai gambar seperti agama . Anak diminta untuk menunjukkan huruf mengeja penggalan kata beserta kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pop-up huruf abjad dan kata sederhana mampu meningkatkan bahasa anak dalam mengenal huruf abjad dan kata sederhana dengan baik. Terlihat dari hasil pada siklus II terdapat persentase yaitu 86 95% anak sudah mampu memahami huruf abjad dan kata sederhana. Dapat disimpulkan bahwa memanfaatkan buku pop-up dalam mengenalkan huruf abjad dan kata sederhana dapat meningkatkan bahasa anak dalam mengenal serta memahami huruf abjad dan kata sederhana dengan baik. Sarannya yaitu apabila mengenalkan huruf lebih baik menggunakan benda real atau media pembelajaran supaya anak dapat memahami huruf abjad dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8567

Actions (login required)

View Item View Item