Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang / Fina Maulidia Agustin

Agustin, Fina Maulidia (2018) Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang / Fina Maulidia Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

perlu diketahui keterkaitan hubungan antara pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah yaitu, (1) bagaimana pola asuh orang tua terhadap anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang, (2) bagaimana kemandirian anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang, (3) apakah terdapat hubungan antara pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang. Rancangan pada penelitian ini bersifat korelasional, menggunakan pendekatan kuantitatif. Statistik yang digunakan yaitu statistik deskriptif karena bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan pola asuh orang tua dan kemandirian anak. Pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, dan sampel pada penelitian ini yaitu simple random sampling yang terdiri dari (88) responden. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 53,40% orang tua anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang menerapkan pola asuh yang sangat mendorong kemandirian anak, sedangkan kemandirian anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang 45,4% dengan kategori sangat mandiri. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian anak sebesar 28,3% dan sisanya 71.7% dipengaruhi oleh fakto umum lain seperti jenis kelamin anak. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian anak. Saran-saran bagi orang tua dalam mendidik anak hendaknya harus memperhatikan semua aspek perkembangan anak terutama dalam hal kemandirian. Menanamkan sikap kemandirian pada anak sejak sedini mungkin dapat membantu anak dalam mencapai aspek kemandiriannya secara optimal, pada peneliti selanjutnya apabila ingin meneliti masalah yang sama hendaknya mengubah faktor lain selain pola asuh orang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8566

Actions (login required)

View Item View Item