Rahmawati, Ellia (2018) Pelaksanaan teknik penilaian portofolio di Taman Kanak-kanaki Gugus V (lima) Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Ellia Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Rahmawati Ellia. 2018. Pelaksanaan Teknik Penilaian Portofolio di Taman Kanak-Kanak Gugus V (Lima) Kecamatan KedungKandang Kota Malang. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd. M.Pd (II) Sandy Tegariyani Putri Santoso S.Pd. M.Pd. Kata kunci Penilaian Portofolio Taman Kanak-Kanak. Teknik penilaian portofolio adalah suatu cara atau usaha mengumpulkan data hasil karya atau pekerjaan terbaik anak yang menggambarkan proses perkembangan atau kemajuan pada periode tertentu digunakan sebagai informasi untuk mengambil keputusan pelayanan perkembangan. Pengamatan pendahuluan yang telah dilakukan di TK yang berada di Gugus V (Lima) Kecamatan KedungKandang Kota Malang adalah telah melaksanakan penilaian portofolio dengan menggunakan berbagai jenis portolio yang berbeda-beda. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pelaksanaan teknik penilaian portofolio di Taman Kanak-Kanak Gugus V (Lima) Kecamatan KedungKandang Kota Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah TK Gugus V (Lima) Kecamatan KedungKandang Kota Malang yang terdiri dari TK Negeri Pembina 5 dan TK Al-Ikhlas. Sumber data adalah seluruh kelompok A dan B guru kelas siswa dan beberapa orangtua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi tahap pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui (a) pemahaman guru dan orangtua tentang pengertian penilaian portofolio masih kurang mendalam (b) tujuan penilaian portofolio yaitu mengetahui perkembangan kelebihan kekurangan dan bakat anak sehingga guru dan orangtua dapat memberikan keputusan pendidikan yang tepat bagi anak (c) penilaian portofolio bermanfaat bagi guru orangtua dan anak untuk bersama-sama merefleksi hasil dan proses pembelajaran agar mengarah pada penguasaan yang lebih baik (d) Jenis portofolio yang digunakan adalah portofolio arsip portofolio pameran dan portofolio berdasarkan aspek perkembangan (e) bagian dari portofolio yang digunakan terdiri dari identitas dan isi portofolio (f) bahan-bahan yang diamasukkan ke dalam portofolio yaitu terbatas bersumber dari anak seperti hasil karya anak lembar kegiatan video dan foto (f) tahapan pelaksanaan penilaian portofolio yaitu melaksanakan kegiatan sesuai dengan rencana pembelajaran menilai hasil belajar anak sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dan memberikan penilaian terhadap hasil belajar anak (g) keterlibatan anak dan orangtua dalam penilain portofolio masih sangat sedikit banyak orangtua yang hanya mengkomunikasikan perkembangan anak ketika ada masalah saja dan anak belum dilibatkan dalam memilih bahan portofolio.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8562 |
Actions (login required)
View Item |