Novia, Arta (2018) Efektivitas metode read aloud terhadap kemampuan menyimak sastra anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Kota Malang / Arta Novia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Novia Arta. 2018. Efektivitas Metode Read Aloud Terhadap Kemampuan Menyimak Sastra Anak Kelompok A TK ABA 26 Kota Malang. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (2) Sandy Tegariyani Putri S S.Pd M.Pd Kata Kunci Metode Read Aloud Kemampuan Menyimak Kemampuan menyimak adalah kemampuan dasar yang dimiliki oleh anak untuk mengembangkan kemampuan berbahasa lainnya. Karena kemampuan menyimak memiliki keterkaitan dengan kemampuan berbicara menulis dan membaca. Pemberian stimulus untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada anak perlu dilakukan sedini mungkin karena dengan berkembangnya kemampuan menyimak akan membantu anak memperoleh pengetahuan yang baru. Beberapa metode pelatihan menyimak antara lain membacakan puisi cerita dongeng fabel dll atau mendengarkan sebuah teks dengan alat bantu audio. Beberapa ahli yang telah melakukan penelitian dan menemukan sebuah metode yang dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak. Metode tersebut adalah metode read aloud. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjelaskan efektivitas metode read aloud terhadap kemampuan menyimak sastra anak kelompok A TK ABA 26 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group yaitu menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Sebelum diberi perlakuan akan dilakukan pre-test dan post-test setelah perlakukan pada kedua kelas. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok A TK ABA 26 Kota Malang. Teknik sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Peneliti mengambil sampel dengan mempertimbangkan kelompok kelas usia dan jumlah anak perkelasnya. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi checklist skor pada pre-test maupun post-test. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat menggunakan uji homogenitas dan uji normalitas sedangkan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test dan pengukuran effect size. Berdasarkan analisis data tersebut terdapat perbedaan nilai rata-rata yang signifikan pada hasil post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil pengukuran menggunakan effect size juga menunjukkan nilai sebesar 88% yang berarti metode read aloud sangat efektif terhadap kemampuan menyimak sastra anak kelompok A. Saran peneliti kepada kepala sekolah adalah mensosialisasikan metode read aloud kepada guru agar dapat menggunakan metode read aloud dalam pembelajaran menyimak anak kelompok A. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan ke dalam jenis penelitian dan desain yang baru. Bagi peneliti yang ingin meneliti dengan pembahasan yang sama sebaiknya dapat mengontrol faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menyimak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8561 |
Actions (login required)
View Item |