Pengenalan calistung (membaca, menulis dan berhitung) di sentra persiapan pada anak kelompok B Children Center Brawijaya Smart School Universitas Brawijaya / Widya Wulantika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengenalan calistung (membaca, menulis dan berhitung) di sentra persiapan pada anak kelompok B Children Center Brawijaya Smart School Universitas Brawijaya / Widya Wulantika

Wulantika, Widya (2018) Pengenalan calistung (membaca, menulis dan berhitung) di sentra persiapan pada anak kelompok B Children Center Brawijaya Smart School Universitas Brawijaya / Widya Wulantika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Wulantika Widya. 2018. Pengenalan Calistung (Membaca Menulis dan Berhitung) di Sentra Persiapan pada Anak Kelompok B Children Center Brawijaya Smart School Univertas Brawijaya. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Sutama M.Pd. (II) Nur Anisa M.Pd. Kata Kunci Sentra Persiapan Membaca Menulis dan Berhitung Anak Kelompok B Pengenalan calistung (membaca menulis edan berhitung) di sentra persiapan pada anak kelompok B Children Center Brawijaya Smart School Univertas Brawijaya. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diperoleh data bahwa lembaga PAUD tersebut tidak seperti pada umumnya kepala sekolah berusaha menggunakan metode pembelajaran yang tepat untuk mencapai kompetensi dasar yang terdapat dalam sentra persiapan sesuai dengan Kurikulum 2013 PAUD. Alokasi guru mengajar sangat memadai. Guru memanfaatkan media pembelajaran yang sederhana. Output anak pada sentra persiapan khususnya pada anak kelompok B sebagian besar anak memiliki kemampuan dalam kegiatan calistung. Tujuan dari penelitian adalah (1) Menggambarkan secara umum bagaimana proses pembelajaran di sentra persiapan pada anak kelompok B Children Center Brawijaya Smart School Universitas Brawijaya (2) Menggambarkan kegiatan pengenalan calistung di sentra persiapan pada anak Kelompok B Children Center Brawijaya Smart School Universitas Brawijaya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif studi kasus dengan jenis studi kasus tunggal (individual case study). Studi kasus yang dilakukan peneliti sifatnya kelompok seperti kelas pada sentra persiapan. Hal tersebut dikarenakan dalam penelitian studi kasus sangat bermanfaat ketika peneliti merasa perlu memahami suatu keunikan secara mendalam dan menyeluruh secara spesifik mengenai sentra persiapan untuk pengenalan calistung pada anak kelompok B di Children Center Brawijaya Smart School Universitas Brawijaya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa gambaran umum penggunaan sentra persiapan pada Children Center Brawijaya Smart School Universitas Brawijaya terdiri dari (1) gambaran umum kegiatan pembukaan yang dilakukan pada Cildren Center Brawijaya Smart School Universitas Brawijaya dan (2 ) kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sentra pada sentra persiapan. Kegiatan yang dilakukan pada sentra persiapan untuk pengenalan calistung dapat diterapkan oleh guru yang lain dengan memanfaatkan media yang sederhana. Peneliti bagi peneliti lain yaitu dapat melakukan perbandingan dengan lembaga pendidikan lain yang memiliki sentra persiapan. Jika terdapat pendampingan maka akan diperoleh kelebihan dan kekurangan dari penerapan sentra persiapan untuk pengenalan calistung pada kelompok B sebagai persiapan anak untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8560

Actions (login required)

View Item View Item