Peningkatan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan melalui permainan Pot Rainbow pada anak Kelompok A TK Permata Bunda sawojajar Malang / Milatuz Zakiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan melalui permainan Pot Rainbow pada anak Kelompok A TK Permata Bunda sawojajar Malang / Milatuz Zakiyah

Zakiyah, Milatuz (2018) Peningkatan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan melalui permainan Pot Rainbow pada anak Kelompok A TK Permata Bunda sawojajar Malang / Milatuz Zakiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zakiyah Milatuz. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan Melalui Permainan Pot Rainbow Pada Anak Kelompok A TK Permata Bunda Sawojajar Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ahmad Samawi M.Hum (II) Nur Anisa S.Pd M.Pd Kata Kunci Konsep Lambang Bilangan Permainan Pot Rainbow Kelompok A Hasil pengamatan yang dilakukan di TK Permata Bunda Sawojajar Malang diketahui bahwa media pembelajaran dalam pengenalan konsep lambang bilangan yang digunakan kurang menarik karena hanya menggunakan jari dan papan tulis saja. Hasil belajar anak didik dalam pembelajaran mengenal konsep lambang bilangan belum sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan kognitif anak kelompok A. sebanyak 10 dari 13 anak belum mampu mengenal konsep lambang bilangan 1 10. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan permainan pot rainbow dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan pada anak kelompok A di TK Permata Bunda Sawojajar Malang (2) apakah melalui permainan pot rainbow dapat meningkatakan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan pada anak kelompok A TK Permata Bunda Sawojajar Malang Penelitian ini menggunakan metode Peneltian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian sebanyak 13 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan 2 siklus masing-masing siklus 2 pertemuan. Masing-masing siklus ada 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) Pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Berdasarkan analisis permainan pot rainbow dapat meningkatkan kemampuan konsep lambang bilangan 1 10 pada kelompok A TK Permata Bunda Sawojajar Malang dengan hasil peningkatan sebagai berikut. Kemampuan anak pada pertemuan pertama siklus I anak yang tercapai sebesar 30% pada pertemuan kedua anak yang tercapai sebesar 38% pertemuan pertama pada siklus II anak yang tercapai sebesar 61% dan pada pertemuan kedua siklus II anak yang tercapai sebesar 84%. Secara garis besar peningkatan dicapai secara prosentase yang dicapai 8805 75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengenalan konsep lambang bilangan anak kelompok A TK Permata Bunda Sawojajar Malang mengalami peningkatan. Bagi peneliti lain disarankan untuk mencoba penelitian menggunakan permainan pot rainbow untuk peningkatan aspek perkembangan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8559

Actions (login required)

View Item View Item