Inayah, Masluhil (2018) Pengembangan media video tutorial menggambar tematik menggunakan aplikasi Sparkol Videoscribe untuk anak TK Kelompok B / Masluhil Inayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Inayah Masluhil. 2018. Pengembangan Media Video Tutorial Menggambar Tematik Menggunakan Aplikasi Sparkol Videoscribe untuk Anak TK Kelompok B. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Wayan Sutama M.Pd. (2) Suryadi S.Sn. M.Pd. Kata kunci Menggambar Tematik Tutorial Menggambar Sparkol Videoscribe. Menggambar merupakan suatu kegiatan mengkomunikasikan ide imajinasi dan pengetahuan yang diperoleh dalam bentuk gambar. Berdasarkan hasil observasi lapangan dan wawancara kepada Kepala Sekolah dan guru dari lima lembaga Taman Kanak-Kanak yang ada di Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri ditemukan pada kelompok B bahwa mayoritas anak belum bisa mengungkapkan ide dan pengetahuan yang dimiliki kedalam bentuk gambar masih terdapat anak yang belum mampu untuk menggambar kurangnya media untuk menstimulasi kemampuan menggambar anak dan ukuran media yang kecil dan tidak sesuai dengan jumlah anak. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media berbasis video tutorial menggambar tematik menggunakan aplikasi Sparkol Videoscribe yang efektif efisien dan menarik. Media tersebut digunakan untuk menstimulasi kemampuan menggambar anak TK kelompok B. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu model penelitian dan pengembangan oleh Borg Gall. Model ini memiliki sepuluh langkah penelitian namun karena keterbatasan subjek peneliti maka hanya dilakukan tujuh langkah penelitian. Hasil pengembangan ini yaitu media video tutorial menggambar tematik menggunakan aplikasi Sparkol Videoscribe untuk anak TK kelompok B yang disertai buku panduan dengan fokus tema alat komunikasi modern. Hasil pengembangan produk telah melalui evaluasi formatif yaitu validasi ahli uji kelompok kecil dan uji lapangan. Berdasarkan validasi oleh ahli pembelajaran diperoleh persentase skor sebesar 77 8% ahli media media sebesar 81 6% ahli materi menggambar sebesar 76 9%. Berdasarkan uji kelompok kecil diperoleh persentase skor aspek efektif efisien dan menarik sebesar 95 8%. Berdasarkan uji kelompok besar sebesar 92%. Hasil tersebut menunjukkan produk layak digunakan sebagai alat penunjang kegiatan pembelajaran namun perlu dilakukan revisi sesuai dengan saran dan masukan para ahli. Produk ini dapat digunakan untuk mengenalkan berbagai bentuk bidang warna dan bentuk benda yang terdapat pada materi media. Bagi pengembang selanjutnya disarankan untuk mengembangkan media dengan tema lain yang disertai feedback kepada anak secara langsung dengan aktif mengubah backsound pada media dengan lagu anak-anak sesuai tema dan mengembangkan media animasi untuk anak melalui aplikasi Sparkol Videoscribe.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8558 |
Actions (login required)
View Item |