Pratiwi, Jessica (2018) Peningkatan kreativitas pembelajaran seni tari dalam belajar melalui bermain di kelompok B TK Selaras Cita Kota Malang / Jessica Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Pratiwi Jessica. 2018. Peningkatan Kreativitas Pembelajaran Seni Tari dalam Belajar Melalui Bermain di Kelompok B TK Selaras Cita Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Sutama (II) Retno Tri Wulandari S.Pd M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran seni tari kreativitas kualitas pembelajaran Kreativitas pada anak usia dini penting sekali untuk dikembangkan karena kreativitas merupakan kunci yang berpengaruh dalam kehidupan anak. Kreativitas anak usia dini memiliki ciri khas tersendiri karena tumbuhnya imajinasi dan fantasi. Salah satu pengembangan kreativitas adalah dengan seni tari. Berdasarkan observasi di TK Selaras Cita Kota Malang ditemukan bahwa kreativitas anak sangat kurang. Fokus penelitan ini adalah sebagai berikut. (1) Apakah proses pembelajaran seni tari dalam belajar melalui bermain dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada anak kelompok B di TK Selaras Cita Malang (2) Apakah hasil dari pembelajaran seni tari dalam belajar melalui bermain dapat meningkatkan kreativitas pada anak kelompok B di TK Selaras Cita Kota Malang Penelitian ini menggunakan (PTK). Subyek dari penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Selaras Cita Kota Malang yang berusia 4-5 tahun. Terdapat tahap pada penelitian ini yaitu tahap perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi catatan lapangan dan pedoman wawancara dan data diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Proses pembelajaran seni tari dalam belajar melalui bermain dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada kelompok B4 di TK Selaras Cita Malang. Hal ini terbukti dari tingkat antusiasnya dan keterlibatan anak dalam pembelajaran seni tari. (2) Hasil dari pembelajaran seni tari dalam belajar melalui bermain dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B4 di TK Selaras Cita Kota Malang. Hal ini terbukti dari proses pembelajaran anak dapat bereksplorasi gerakan dengan baik dan jelas dan anak dapat menciptakan variasi gerakan. Berdasarkan temuan penelitian yang dilakukan disarankan agar guru melakukan variasi pembelajaran dan lebih kreatif untuk mengetahui wawasan tentang pembelajaran seni tari. Kepada sekolah disarankan untuk memberikan kegiatan workshop untuk guru agar mutu kualitas pembelajaran di sekolah dapat meningkat khususnya dibidang seni tari. Kepada peneliti selanjutnya agar meneliti lebih luas supata kreativitas anak dapat mengingkat lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8553 |
Actions (login required)
View Item |