Studi kasus tunggal perkembangan perilaku kemandirian anak usia dini kelompok A di TK ABA 24 Malang / Eka Putri Darwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus tunggal perkembangan perilaku kemandirian anak usia dini kelompok A di TK ABA 24 Malang / Eka Putri Darwati

Darwati, Eka Putri (2018) Studi kasus tunggal perkembangan perilaku kemandirian anak usia dini kelompok A di TK ABA 24 Malang / Eka Putri Darwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Darwati Eka Putri. 2018. Studi Kasus tungggal Perkembangan Perilaku Kemandirian Anak Usia Dini Kelompok A di TK ABA 26 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Dasar dan Pra Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ahmad Samawi M.Hum. (II) Suryadi S.sn M.Pd. Kata Kunci Kemandirian Anak Usia Dini kelompok A TK ABA 26 Malang. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa perilaku kemandirian yang dimiliki oleh subjek penelitian sangat baik dan mencolok. Hal ini menjadi ketertarikan untuk mengetahui faktor apa saja yang mampu mempengaruhi perkembangan kemandirian subjek penelitian. Oleh karena itu telah dilakukan penelitian tentang Studi Kasus Perkembangan Perilaku Kemandirian Anak Usia Dini Kelompok A di TK ABA 26 Malang .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan kemandirian subjek penelitian beserta faktor hambatan dan upaya yang dilakukan orang untuk mengatasinya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualititatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Terdapat 4 tahap analisis dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data reduksi data penyajian data yang terakhir kesimpulan dan verifikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan dokumentasi dengan dibantu alat pendukung . Hasil dalam penelitian ini berupa gambaran tentang perkembangan kemandirian yang dimiliki subjek penelitian. Terdapat faktor penghambat dalam perkembangan kemandirian yang dimiliki oleh subjek penelitian yaitu faktor lingkungan hambatan tersebut didominasi oleh gangguan dari teman sebayanya. Orang tua dan guru sebagai seseorang yang berpengaruh besar dalam perkembangan kemandirian subjek penelitian memiliki upaya dalam mengatasi hambatan tersebut. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah subjek penelitian telah memenuhi kriteria ciri-ciri anak mandiri namun mengingat bahwa anak memiliki kepribadian yang unik maka perkembangan kemandirian dalam subjek penelitian juga memiliki hambatan. Hambatan tersebut menjadikan orang tua dan guru berupaya mengatasinya dengan cara yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8552

Actions (login required)

View Item View Item