Penerapan teknik finger painting untuk mengembangkan kecerdasan visual spasial pada anak kelompok B di TK Pertiwi Kabupaten Nganjuk / Eva Ayu Nurhidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teknik finger painting untuk mengembangkan kecerdasan visual spasial pada anak kelompok B di TK Pertiwi Kabupaten Nganjuk / Eva Ayu Nurhidayah

Nurhidayah, Eva Ayu (2018) Penerapan teknik finger painting untuk mengembangkan kecerdasan visual spasial pada anak kelompok B di TK Pertiwi Kabupaten Nganjuk / Eva Ayu Nurhidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Nurhidayah Eva Ayu. 2018. Penerapan Teknik Finger Painting Untuk Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Pada Kelompok B Di TK Pertiwi Kabupaten Nganjuk. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M Sn (II) Nur Anisa S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Finger Painting Kecerdasan Visual Spasial. Pembelajaran melalui finger painting dapat mengembangkan kecerdasan visual spasial yang dimiliki anak dan pembelajaran ini banyak diminati anak karena anak dapat bebas bereksplorasi dan beimajinasi. Berdasarkan hasil observasi awal di TK Pertiwi Kabupaten Nganjuk ditemukan fakta bahwa peneliti menemukan beberapa anak tidak nampak memiliki kecerdasan visual spasial karena kurangnya stimulasi yang diberikan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya metode atau model pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar. Guru hanya mengajak anak untuk mengerjakan LK dari majalah sehingga anak sering bosan dan kurang menarik. Permasalahan tersebut diatasi dengan cara menerapkan teknik finger painting untuk mengembangkan kecerdasan visual spasial yang dimiliki anak. Tujuan penelitian ini adalah penerapan teknik finger painting untuk mengembangkan kecerdasan visual spasial anak pada kelompok B TK Pertiwi Kabupaten Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model kolaboratif yang terdiri atas 2 siklus 4 tahapan yaitu 1)perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar perkembangan kecerdasan visual spasial melalui kegiatan finger painting lembar observasi pedoman wawancara dan dokumentasi proses pembelajaran. Subjek penelitian ini sebanyak 15 anak diantaranya 3 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif yang digunakan untuk mengetahui pencapaian perkembangan kecerdasan visual spasial anak sebelum dan sesudah dilakukan penelitian menggunakan teknik finger painting pada anak usia 5-6 tahun. Penggunaan kegiatan seni dalam pembelajaran menggunakan teknik finger painting di TK Pertiwi Kabupaten Nganjuk sangat membantu mengembangkan kecerdasan visual spasial anak. Anak bebas bereksplorasi bahkan imajinasi anak dapat berkembang sangat baik dengan menggunakan teknik finger painting dilihat dari hasil penelitian capaian perkembangan kelas pada siklus I mencapai 53% dan capaian perkembangan kelas siklus II mencapai 87%. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan teknik finger painting ini dapat mengembangkan kecerdasan visual spasial anak kelompok B di TK Pertiwi Kabupaten Nganjuk. Oleh karena itu kegiatan melukis dengan teknik finger painting menjadikan salah satu kegiatan yang menarik bagi anak dan anak merasa bebas bereksplorasi sehingga imajinasi anak dapat berkembang dengan sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8550

Actions (login required)

View Item View Item