Peningkatan kemampuan bercerita anak melalui media Ritatoon untuk Kelompok B di TK Selaras Cita Malang / Siti Khotijah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan bercerita anak melalui media Ritatoon untuk Kelompok B di TK Selaras Cita Malang / Siti Khotijah

Khotijah, Siti (2018) Peningkatan kemampuan bercerita anak melalui media Ritatoon untuk Kelompok B di TK Selaras Cita Malang / Siti Khotijah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Khotijah Siti. 2018. Peningkatan Kemampuan Bercerita Anak Melalui Media Ritatoon Untuk Kelompok B Di TK Selaras Cita Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Made Seken M.Pd (2) Suryadi S.Sn M.Pd Kata Kunci Peningkatan kemampuan bercerita anak media ritatoon kelompok B Berdasarkan hasil pengamatan di TK Selaras Cita anak kelompok B5 pada bulan januari ditemukan hanya 6 dari 27 anak yang sudah mencapai kriteria keberhasilan sesuai indikator kemampuan bercerita anak. Sedangkan 21 anak meliputi 13 anak yang belum berkembang dan 8 anak yang mulai berkembang belum memenuhi kriteria keberhasilan kemampuan bercerita secara individu. Hal ini dapat terlihat dari hasil lembar kegiatan yang dikerjakan oleh anak dalam menceritakan alur gambar anak masih bingung dan tidak terarah dalam bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media ritatoon untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok B5 di TK Selaras Cita Malang serta mengetahui apakah penggunaan media ritatoon dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok B5 di TK Selaras Cita Malang. Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dimana setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat diketahui beberapa peningkatan yang terjadi setiap tahapannya. Pada tahap pratindakan persentase kemampuan bercerita anak yang sesuai dengan kriteria keberhasilan hanya mencapai 22 2%. Siklus I pertemuan pertama persentase kemampuan bercerita anak yang sesuai dengan kriteria keberhasilan mencapai 44 4%. Siklus I pertemuan kedua persentase kemampuan bercerita anak yang sesuai dengan kriteria keberhasilan mencapai 62 9%. Siklus II persentase kemampuan bercerita anak yang sesuai dengan kriteria keberhasilan mencapai 81 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media ritatoon dapat mengasah kemampuan bercerita anak dengan baik hal ini sesuai pada hasil penelitian tindakan yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan bercerita anak sesuai dengan indikator. Setiap siklus dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan kemampuan bercerita anak melalui media ritatoon. Penelitian dihentikan pada siklus II karena telah mencapai 8805 75%. Secara klasikal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8549

Actions (login required)

View Item View Item