Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman kosakata bahasa Inggris melalui permainan fun cooking pada anak Kelompok B di TA Al-Falach Malang / Diana Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman kosakata bahasa Inggris melalui permainan fun cooking pada anak Kelompok B di TA Al-Falach Malang / Diana Rahmawati

Rahmawati, Diana (2018) Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman kosakata bahasa Inggris melalui permainan fun cooking pada anak Kelompok B di TA Al-Falach Malang / Diana Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Rahmawati Diana. 2018. Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman kosa kata bahasa inggris melalui permainan fun cooking pada anak kelompok b di TA Al-Falach malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Dasar dan PraSekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd. M.Pd. (II) Evania Yafie S.Pd. M.Pd Kata Kunci Permainan Fun cooking Kosakata Bahasa Inggris. Bahasa Inggris yang diterapkan di sekolah TA Al-Falach Malang bukan hanya sekedar pelajaran saja tapi anak-anak juga dibiasakan dalam lingkup sekolah menggunakan bahasa Inggris. Peneliti menemukan beberapa masalah saat pembelajaran bahasa Inggris berlangsung. Observasi awal dilakukan pada kelompok B terdiri dari 25 anak. Terdapat 5 anak yang mampu melafalkan atau mengulang kembali kata yang diucapkan oleh guru. Sedangkan 14 anak hanya termenung dan terlihat pasif saat guru memerintahkan untuk mengulang kembali dan 6 lainnya asik mengobrol sendiri dengan temannya tidak memperhatikan guru. Penelitian ini ingin menggunakan metode permainan sebagai solusi untuk permasalahan yang ditemukan yaitu melalui permainan fun cooking membuat salad buah untuk meningkatkan kosa kata bahasa Inggris anak.Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas PTK memiliki ciri-ciri sebagai berikut 1. Masalahnya berasal dari latar/kelas tempat penelitian dilakukan 2. Proses pemecahan masalah dilakukan bersiklus 3. Tujuannya untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas atau meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Model permainan Fun Cooking yang akan dilakukan oleh peneliti yakni Fun Cooking salad buah jadi peneliti memerlukan beberapa bahan dan peralatan untuk mendukung kegiatan permainan. Untuk bahan yang diperlukan yakni (1) berbagai macam buah yang sudah dipotong-potong (2) mayonaise (3) Keju (4) Susu. Selain bahan peneliti juga memerlukan alat yang diperlukan untuk mendukung kegiatan Fun Cooking antara lain (1) piring plastik (2) Garbu Plastik (3) sarung plastik. Permainann fun cooking dapat meningkatkan kemampuan pemahaman kosakata bahasa inggris pada kelompok B di TA Al-Falach Malang. Hal ini terbukti dengan hasil penelitian yang menunjukan bahwa terjadi peningkatan pada kemampuan kosakata bahasa inggris yakni dibuktikan pada siklus I yakni 54 5 % menjadi 93% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8546

Actions (login required)

View Item View Item