Sholikah, Binti (2018) Persepsi orang tua tentang kesiapan belajar anak usia 5-6 tahun di TK se-gugus VI Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Binti Sholikah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Sholikah Binti. 2018. Persepsi Orang Tua tentang Kesiapan Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di TK se-Gugus VI Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ahmad Samawi M. Hum. (II) Suryadi S. Sn. M. Pd. Kata kunci Persepsi orang tua Kesiapan belajar Anak usia 5-6 tahun Kesiapan belajar perlu dimiliki oleh anak. Kesiapan belajar anak penting bagi modal anak dikemudian hari. Anak yang memiliki kesiapan belajar akan mudah memahami pembelajaran dari guru. Pihak yang sangat berperan dalam meningkatkan kesiapan belajar anak yaitu orang tua. Persepsi orang tua tentang kesiapan belajar anak sangat penting persepsi tersebut akan tercermin dalam pengasuhan dan pendidikan terhadap anak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan persepsi orang tua tentang kesiapan sosial emosional fisik motorik kognitif dan bahasa anak usia 5-6 tahun dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket. Populasi penelitian ini sebanyak 126 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik proporsional random sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 96 orang. Angket yang digunakan merupakan angket yang dibuat oleh peneliti dengan validitas instrumen angket sebesar 0 11 dan tingkat reabilitas sebesar 0 924. Analisis yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis persentase. Hasil penelitian ini yaitu persentase kemampuan sosial emosional sebesar 80% berada pada klasifikasi baik kemampuan fisik motorik sebesar 82% berada pada klasifikasi sangat baik kemampuan kognitif sebesar 89% berada pada klasifikasi sangat baik serta kemampuan bahasa sebesar 87% berada pada klasifikasi sangat baik. Jumlah persentase secara keseluruhan yaitu sebesar 85% dan berada pada klasifikasi sangat baik. Kesimpulan penelitian ini yaitu menurut persepsi orang tua di TK se-Gugus VI Kecamatan Kedungkandang Kota Malang menunjukkan anak usia 5-6 tahun telah memiliki kesiapan belajar. Disarankan bagi kepala TK perlu pengelolaan kebijakan untuk mensosialisasikan indikator-indikator kesiapan belajar anak kepada para guru dan para orang tua. Bagi guru dan orang tua disarankan untuk mengetahui dan memahami kesiapan belajar anak secara keseluruhan yaitu ditinjau dari empat aspek perkembangan anak diantaranya sosial emosional fisik motorik kognitif dan bahasa serta saling menjalin komunikasi karena semakin sejalan tujuan pendidikan antara pihak satu dengan yang lain maka semakin kuat dalam menyiapkan anak belajar di sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8545 |
Actions (login required)
View Item |