Studi kasus keterlambatan bicara fungsional pada anak Kelompok A di TK Kristen pamerdi Malang / Vashti Brina Wibiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus keterlambatan bicara fungsional pada anak Kelompok A di TK Kristen pamerdi Malang / Vashti Brina Wibiyanto

Wibiyanto, Vashti Brina (2018) Studi kasus keterlambatan bicara fungsional pada anak Kelompok A di TK Kristen pamerdi Malang / Vashti Brina Wibiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Wibiyanto Vashti Brina. 2018. Studi Kasus Keterlambatan Bicara Fungsional Pada Anak Kelompok A Di TK Kristen Pamerdi Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ahmad Samawi M.Hum. (II) Retno Tri Wulandari S.Pd M.Pd Kata Kunci Keterlambatan bicara fungsional anak kelompok A Bahasa dapat digunakan anak untuk menyampaikan keinginan dan melakukan interaksi dengan orang disekitarnya. Kemampuan bahasa anak berhubungan dengan kognitif sensorimotor psikologis emosi dan lingkungan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti pada bulan Januari 2018 di TK Kristen Pamerdi diketahui bahwa terdapat anak berinisial JI yang memiliki masalah yaitu tidak dapat memahami perintah yang telah diberikan oleh gurunya dan tidak dapat mengucapkan kata dengan jelas sehingga gurunya sering tidak memahami apa yang sedang diucapkan oleh JI. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti berperan sebagai observer. Tempat yang menjadi tujuan penelitian yaitu TK Kristen Pamerdi. Lokasi lain yang menjadi tempat penelitian adalah rumah subjek penelitian. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Kristen Pamerdi berinisial JI. Prosedur pengumpulan data dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Beberapa tahapan analisis data Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data (data collection) reduksi data (data reduction) penyajian data (data display) penarikan kesimpulan (conclusion drawing) dan verifikasi (verifying). Hasil dari penelitian ini yaitu beberapa gambaran keterlambatan bicara fungsional pada anak seperti anak berbicara dengan satu sampai dua kata anak menggunakan suku kata untuk menyampaikan sesuatu. Kata yang diucapkan anak tidak jelas karena huruf yang diucapkan berbeda dengan seharusnya anak mengungkapkan sesuatu dengan gerakan dan menggunakan sedikit kata atau satu kata dalam berbicara anak tidak hafal nama teman-temannya dan memanggil teman-temannya dengan sebutan mbak dan mas anak sering menirukan kata-kata orang disekitarnya walaupun kata yang diucapkan tidak sama dengan yang diucapkan orang lain anak berbicara dengan berteriak dengan tidak jelas anak seringkali tidak dapat memahami perintah yang diberikan kepadanya anak sulit berkonsentrasi karena anak tidak dapat memahami penjelasan dari guru. Simpulan dari hasil temuan penelitian ini yaitu kemampuan bicara anak tidak berkembang sesuai tahapan usianya karena kurangnya stimulasi dari lingkungan keluarga. Peneliti memberi saran kepada orang tua untuk memberikan kesempatan kepada anak untuk berbicara bagi guru untuk mengarahkan anak memahami perintah dan bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti korelasi antara teman sebaya orang tua dan guru dengan kemampuan berbicara anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8544

Actions (login required)

View Item View Item