Pengembangan media pembelajaran untuk melatih kinematika menggunakan pemodelan robot bersendi di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Moch. Burhanuddin Alfarobbi

Alfarobbi, Moch. Burhanuddin (2019) Pengembangan media pembelajaran untuk melatih kinematika menggunakan pemodelan robot bersendi di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Moch. Burhanuddin Alfarobbi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Alfarobbi, Moch. Burhanuddin. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Melatih Kinematika Menggunakan Pemodelan Robot Bersendi di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. Eng. Siti Sendari, S.T., M.T., (II) Ilham Ari Elbaith Zaeni, S.T., M.T., Ph.D. Kata Kunci: Robot-Bersendi, Kinematika, Media Pembelajaran Kinematika merupakan sebuah fokus studi tentang gerakan murni tanpa melibatkan gaya dan energi. Dengan menggunakan metode kinematik ini, pengendalian robot dengan kompleksitas tinggi seperti robot bersendi dapat dikendalikan pergerakannya secara akurat. Agar konsep kinematika dapat dipahami dengan baik, media pembelajaran dibutuhkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Namun setelah dilakukan observasi dan diskusi dengan beberapa dosen khususnya di Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang diketahui bahwa media pembelajaran untuk konsep kinematika murni masih belum tersedia. Selain itu, pembelajaran masih terbatas pada metode analitik tanpa praktikum yang menunjang pemahaman sehingga sebagian besar mahasiwa masih belum sepenuhnya memahami tentang konsep kinematika. Maka dari itu, dalam penelitian dan pengembangan ini difokuskan untuk membuat pemodelan robot-bersendi untuk pembelajaran konsep kinematika. Pengembangan dan penelitian ini menggunakan metode pengembangan Sugiyono. Langkah-langkah dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) ujicoba produk; 7) revisi produk; 8) ujicoba pemakaian; 9) revisi produk serta; 10) produk akhir. Adapun subyek dari penelitian ini adalah dosen dengan keahlian robotika sebagai validator pada langkah penelitian ke empat serta para mahasiswa yang telah menempuh matakuliah Robotika sebagai responden pada langkah penelitian ke enam dan delapan. Hasil rata-rata dari seluruh proses validasi (validasi desain, ujicoba produk dan ujicoba pemakaian) dalam nilai persentase adalah 91,2% yang menyatakan bahwa produk dalam kriteria sangat valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk mendukung kegiatan pembelajaran konsep kinematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85439

Actions (login required)

View Item View Item