Pengembangan trainer pemrosesan suara pada matakuliah pemrosesan sinyal untuk mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Nobri Wicaksono

Wicaksono, Nobri (2020) Pengembangan trainer pemrosesan suara pada matakuliah pemrosesan sinyal untuk mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Nobri Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wicaksono, Nobri. 2019. Pengembangan Trainer Pemrosesan Suara Pada Matakuliah Pemrosesan Sinyal Untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. Siti Sendari, S.T., M.T. (II) Ilham Ari Elbaith Zaeni, S.T., M.T., Ph.D. Kata Kunci: Pengembangan, Trainer, Pemrosesan Suara Pemrosesan sinyal adalah sebuah ilmu yang mempelajari dan mengembangkan metode (algoritma) manipulasi, analisa dan interpretasi sinyal. Matakuliah Pemrosesan Sinyal merupakan matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Program S1 Pendidikan Teknik Elektro. Media yang digunakan pada matakuliah Pemrosesan Sinyal adalah sajian presentasi Power Point yang merujuk pada buku dan dan internet. Seiring dengan teknologi yang semakin berkembang, maka diperlukan pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan RPS (Rancangan Perkuliahan Semester) pada matakuliah Pemrosesan Sinyal dan memudahkan pembelajaran kapan saja dan dimana saja. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak dan dapat menunjang perkuliahan dengan optimal untuk mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Produk yang dikembangkan pada penelitian ini adalah Trainer Pemrosesan Suara yang disertai dengan Jobsheet, dan Manual Book. Pemrosesan suara pada trainer dilakukan dengan menggunakan modul Arduino dengan tambahan rangkaian level shifthing yang digunakan untuk menaikan tegangan negatif pada input audio menjadi positif agar dapat terbaca oleh pin ADC Arduino. Model pengembangan Trainer Pemrosesan Suara menggunakan model pengembangan model Sugiyono, langkah-langkah pengembangan terdiri dari sebagai berikut, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk, (7) revisi produk, (8) ujicoba pemakaian, (9) revisi produk, (10) produk akhir. Proses validasi dilaksanakan oleh dua orang ahli, yaitu ahli I dan ahli II. Ahli I dan ahli II akan melakukan validasi produk pada sisi media dan sisi materi. Hasil validasi media oleh ahli I dan ahli II masing-masing memperoleh presentase kelayakan 94,4% dan 94,4%. Sedangkan hasil validasi materi oleh ahli I dan ahli II masing-masing memperoleh presentase kelayakan 93,5% dan 95,5%. Kemudian dari hasil uji coba produk presentase kelayakan yang diperoleh adalah 91,6%, dan yang terakhir untuk uji coba pemakaian presentase kelayakan yang diperoleh adalah sebesar 92,0%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat kelayakan produk sudah sangat valid karena melebihi batas minimal 81,25% untuk kriteria sangat valid, sehingga produk dapat dikatakan layak dan dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85438

Actions (login required)

View Item View Item