Studi perbandingan model ecirr dengan model PBL berbantuan software EKTS terhadap hasil belajar sistem kontrol elektromekanik dan elektronik / Wuri Handayani

Handayani, Wuri (2020) Studi perbandingan model ecirr dengan model PBL berbantuan software EKTS terhadap hasil belajar sistem kontrol elektromekanik dan elektronik / Wuri Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Handayani, Wuri. 2019. Studi Perbandingan Model ECIRR dengan Model PBL Berbantuan Software EKTS Terhadap Hasil Belajar Sistem Kontrol Elektromekanik dan Elektronik. Kata Kunci :Hasil Belajar, Model Pembelajaran ECIRR, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media Software EKTS. Penelitian dilatar belakangi oleh kondisi siswa dengan hasil belajar belum 100% mencapai KKM karena siswa masih pasif pada saat pembelajaran Berdasarkan masalah tersebut peneliti menggunakan perbandingan antara model pembelajaran ECIRR dan model pembelajaran PBL yang keduanya dibantu dengan media software EKTS pada pembelajaran Sistem Kontrol Elektromekanik dan Elektronik di kelas XI TOI SMK PGRI Singosari. Kedua model tersebut dipilih oleh peneliti karena model ECIRR dapat mengatasi miskonsepsi siswa dan meningkatkan interaksi antar siswa terhadap materi pembelajaran. Sedangkan PBL dapat melatih siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah dan siswa dapat membangun pengetahuaanya sendiri terhadap materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah, (1) Mengetahui deskripsi hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa karena pengaruh penerapan model pembelajaran ECIRR dan PBL berbantuan software EKTS pada siswa kelas XI SMK PGRI Singosari, (2) Mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar kognitif dan psikomotorik karena pengaruh model ECIRR dan PBL berbantuan software EKTS pada siswa kelas XI TOI SMK PGRI Singosari. Design penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan pola Non-Equivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TOI SMK PGRI Singosari. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI TOI 1 sebagai kelas eksperimen 2 dan siswa XI TOI 2 sebagai kelas eksperimen 1. Sampel berjumlah 37dan 39 di masing – masing kelas. Posttest digunakan untuk mengukur hasil dari perlakuan yang telah diberikan untuk kemudian dibandingkan satu sama lain. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis statistik kuantitatif terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata, dan uji hipotesis. Pegujian dilakukan dengan bantuan software SPSS for Windows. Hasil penelitian yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dibuktikan dengan nilai Asymp.Sig<0.05. Hasil belajar pengetahuan kelas A memperoleh nilai rata-rata 84 sedangkan pada kelas B mendapatkan nilai rata-rata 79. Sedangkan hasil belajar keterampilan kelas A memperoleh nilai rata-rata 84.23 sedangkan pada kelas B mendapatkan nilai rata-rata 82.4 Hasil uji normalitas pada data hasil belajar siswa kelas A dan kelas B menunjukkan nilai Sig.> 0,05, sehingga data hasil belajar siswa dinyatakan terdistribusi normal. Hasil uji homogenitas pada data hasil belajar kelas A dan kelas B menunjukkan hasil Sig. > 0,05, sehingga data hasil belajar siswa dinyatakan homogen. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar pengetahuan kelas eksperimen A yang diberi perlakuan model ECIRR diperoleh hasil dengan rata-rata nilai 84, (2) hasil belajar pengetahuan kelas eksperimen B yang diberi perlakuan model Problem Based Learning diperoleh hasil dengan rata-rata nilai 79, (3) hasil belajar keterampilan kelas eksperimen A yang diberi perlakuan model ECIRR diperoleh hasil dengan rata-rata nilai 84.23, (4) hasil belajar keterampilan kelas eksperimen B yang diberi perlakuan model Problem Based Learning diperoleh hasil dengan rata-rata nilai 79, (5) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar pengetahuan kelas eksperimen A karena perlakuan model ECIRR dibandingkan kelas eksperimen B karena perlakuan model Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85437

Actions (login required)

View Item View Item