Pengembangan komik sebagai media komunikasi visual belajar rangkaian listrik AC untuk siswa SMK / Siti Zumaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan komik sebagai media komunikasi visual belajar rangkaian listrik AC untuk siswa SMK / Siti Zumaroh

Zumaroh, Siti (2020) Pengembangan komik sebagai media komunikasi visual belajar rangkaian listrik AC untuk siswa SMK / Siti Zumaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Zumaroh Siti. 2019. Pengembangan Komik sebagai Media Komunikasi Visual Belajar Rangkaian Listrik AC untuk Siswa SMK Kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar Komik Rangakain Listrik AC. Kurang optimalnya komunikasi dua arah antara guru dan peserta didik diantaranya disebabkan oleh kurang menariknya bahan ajar yang tersedia dan kurangnya kreatifitas guru dalam mengembangkan bahan ajar. Komik dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif untuk menarik minat baca dan belajar siswa. Minat baca dan belajar siswa dapat dipengaruhi oleh bahan bacaan yang menarik dan manfaat yang diperoleh saat membaca. Komik merupakan media yang dapat digunakan untuk menyajikan materi berupa gambar dan teks. Belajar dengan menggunakan komik yang terdiri dari gambar dan teks mampu menarik minat belajar peserta didik sehingga peserta didik mampu memahami dan mengingat materi yang disampaikan. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan menguji kelayakan dan mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar berupa komik pada materi rangkaian listrik ac. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan dari Lee dan Owens. Terdapat lima langkah pada model pengembangan Lee dan Owens yaitu (1) penilaian kebutuhan dan analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) impleentasi (5) evaluasi. Hasil pengembangan ini produk disajikan secara cetak dan non cetak. Ujicoba kelayakan di lakukan oleh tiga validator yaitu dua validator merupakan dosen Teknik Elektro Universitas Negeri Malang yang memiliki keahlian dibidangnya dan satu validator dari guru Sekolah Menengah Kejuruan sebagai guru pengampu mata pelajaran rangkaian listrik ac. Hasil dari validasi validator adalah 91 67% hasil uji coba kelompok kecil diterapkan pada 15 siswa bahan ajar mendapat validitas 85 50% hasil dari ujicoba pemakaian lapangan diterapkan pada 75 siswa mendapat validitas 87 28% dan hasil perolehan nilai belajar siswa menjukkan baik dengan perolehan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 73 33.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85436

Actions (login required)

View Item View Item