Pengembangan multimedia pembelajaran sistem kontrol elektromekanik dan elektronik berbasis android untuk SMK kelas XI TOI / Deni Suci Wulansari

Wulansari, Deni Suci (2020) Pengembangan multimedia pembelajaran sistem kontrol elektromekanik dan elektronik berbasis android untuk SMK kelas XI TOI / Deni Suci Wulansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suci Wulansari, Deni. 2019. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sistem Kontrol Elektromekanik dan Elektronik Berbasis Android untuk SMK Kelas XI TOI. Pembimbing (I) Aripriharta, S.T., M.T., Ph.D (II) Drs. Slamet Wibawanto, M.T. Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran, Sistem Kontrol Elektromekanik dan Elektronik, Android. Media Pembelajaran merupakan alat penunjang dalam proses belajar mengajar. Penggunaan media pembelajaran bertujuan untuk memudahkan penyampaian materi dan membuat peserta didik aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga diperlukan pengembangan media pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara langsung dalam proses belajar mengajar. Pengembangan media pembelajaran harus didasarkan pada analisis kebutuhan akan media berdasarkan kurikulum serta kelemahan media yang sudah ada di sekolah yang akan dijadikan sampel. Berdasarkan identifikasi yang telah dilakukan maka penelitian ini dikembangkanlah media yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menunjang proses belajar mengajar. Salah satu perkembangan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saat ini yaitu multimedia pembelajaran berbasis Android. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi langkah-langkah model penelitian dan pengembangan Lee and Owens. Model pengembangan Lee and Owens terdapat 5 tahap yaitu : (1) Penilaian/Analisis (Assessment/Analysis); (2) Perancangan (Design); (3) Pengembangan (develop); (4) Implementasi (Implementation); (5) Evaluasi (Evaluation). Jenis data dalam penelitian dam pengembangan berupa data kuantitatif. Hasil produk penelitian ini berupa multimedia pembelajaran Sistem Kontrol Elektromekanik dan Elektronik berbasis Android. Berdasarkan analisis, diperoleh hasil persentase rata-rata dari ahli sebesar 91,22% , dari kelompok kecil sebesar 89,33%, sedangkan dari kelompok besar sebesar 91,13%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran ini sangat valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85434

Actions (login required)

View Item View Item