Pengembangan bahan ajar cetak mata pelajaran instalasi motor listrik bermuatan peta konsep untuk menumbuhkan pemahaman konsep belajar pada siswa SMK kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik / Mohammad Rizal Afriandi

Afriandi, Mohammad Rizal (2019) Pengembangan bahan ajar cetak mata pelajaran instalasi motor listrik bermuatan peta konsep untuk menumbuhkan pemahaman konsep belajar pada siswa SMK kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik / Mohammad Rizal Afriandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afriandi, Mohammad Rizal. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Cetak Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Bermuatan Peta Konsep Untuk Menumbuhkan Pemahaman Konsep Belajar Siswa SMK Kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (1) Dr. H. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T. (II) Drs. Hari Putranto, M.Pd. Kata Kunci :Pengembangan, Bahan Ajar Cetak, Instalasi Motor Listrik, Peta konsep, PemahamanKonsep . Instalasi Motor Listrik merupakan salah satu mata pelajaran yang terdapat pada SMK Islam 1 Blitar program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru pengampu matapelajaran ada beberapa kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran Instalasi Motor Listrik terdapat beberapa kekurangan, yaitu : (1) bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran kurang menarik untuk siswa, (2) bahan ajar yang digunakan belum sesuai kurikulum 2013, (3) desain buku yang digunakan kurang menarik minat siswa untuk membaca karena kurangnya gambar. Tujuan dari pengembangan bahan ajar ini adalah mengembangkan buku ajar bermuatan peta konsep yang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Menguji tingkat kelayakan buku ajar apakah sudah layak apa belum melalui uji coba pembelajaran kelompok kecil dan kelompok besar, menghasilkan sebuah buku ajar cetak yang di kembangka nmenjadi media pembelajaran yang nantinya dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran dan pada saat praktikum khususnya untuk mata pelajaran Instalasi Motor Listrik. Prosedur penelitian dan pengembangan ini yang digunakan adalah model sugiyono, adapun prosedurnya yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, (8) Uji coba pemakaian, (9) Revisi roduk, (10) Produksi masal. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Islam 1 Blitar sebagai uji kelayakan. Dengan menggunakan jenis data kuantitatif yang diperoleh dari skor angket dari validator isi dan format bahan ajar serta responden. Sedangkan data kualitatif berupa saran, kritik dan pendapat seluruh subjek uji coba. Setelah angket dan seluruh data dari validator isi dan format terkumpul, akan dilakukan analisis data dengan uji validasi. Apabila bahan ajar tersebut valid, maka siap untuk diuji kelayakan kepada responden. Setelah angket dan seluruh data dari responden terkumpul, akan dilakukan uji kelayakan dan kebergunaan dari bahan ajar yang telah dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa hasil review validator materi didapatkan skor 85,3% dengan kriteria sangat valid, hasil review validator media didapatkan skor 88,5% dengan kriteria sangat valid. uji coba kelompok kecil didapatkan skor 80,51% dengan kriteria sangat valid dan uji lapangan didapatkan skor 89,25% dengan kriteria sangat valid dan nilai uji pemahaman konsep sebesar 94,2. Berdasarkan paparan data skor tersebut, modul Instalasi Motor Listrik bermuatan Peta Konsep dinyatakan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85432

Actions (login required)

View Item View Item