Pengembangan bahan ajar instalasi penerangan listrik jalan umum untuk siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik semester 1 di SMK Al Huda Kota Kediri / Haris Saiful Anwar

Anwar, Haris Saiful (2020) Pengembangan bahan ajar instalasi penerangan listrik jalan umum untuk siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik semester 1 di SMK Al Huda Kota Kediri / Haris Saiful Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saiful A., Haris. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Instalasi Penerangan Listrik Jalan Umum Untuk Kelas XII Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Semester 1 di SMK Al Huda Kota Kediri. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Yuni Rahmawati, S.T., M.T. (II) Drs. Hari Putranto, M.Pd. Kata Kunci : Buku Ajar, Instalasi Penerangan Listrik, Penerangan Jalan Umum. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti, pada kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik pada program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Al Huda Kota Kediri terdapat beberapa masalah dalam pembelajaran, yaitu (1) siswa-siswa mengalami keterbatasan media yaitu tidak adanya bahan ajar Penerangan Jalan Umum, (2) penyampaian materi yang kurang lengkap sehingga pembelajaran kurang optimal. Materi penerangan jalan umum pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik perlu dioptimalkan proses pembelajarannya, agar para siswa memiliki pemahaman yang kuat dan mendasari pemahaman untuk materi penguat operasional pada tingkat universitas atau dunia kerja. Solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi pada SMK Al Huda Kota Kediri terutama pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik materi penerangan jalan umum adalah mengembangkan Bahan Ajar Penerangan Jalan Umum untuk menunjang pembelajaran pada mata pelajaran tersebut. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan Dick and Carrey, adapun langkah pengembangannya adalah: (1) identifikasi tujuan pembelajaran, (2) analisis pembelajaran, (3) identifikasi karakteristik dan tingkah laku, (4) merumuskan tujuan, (5) mengembangkan instrumen penilaian, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan dan memilih bahan ajar (8) mengembangkan dan melaksanakan evaluasi, (9) revisi bahan pembelajaran, (10) desain evaluasi sumatif. Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah buku ajar Instalasi Penerangan Listrik Jalan Umum. Pengembangan buku ajar mengacu pada aspek kelayakan isi, aspek kelayakan bahasa, aspek kelayakan penyajian, dan aspek kelayakan kegrafikan. Produk yang dihasilkan telah diuji kelayakannya oleh ahli 1 dan ahli 2, serta peserta didik. Hasil uji kelayakan buku ajar mendapatkan persentase dari ahli 1 sebesar 79,32% dan ahli 2 sebesar 81,20%, serta peserta didik sebesar 87,07%. Berdasarkan hasil pengembangan produk buku ajar dapat disimpulkan bahwa buku ajar telah sesuai dengan aspek-aspek yang dijadikan acuan peneliti dalam mengembangkan produk tersebut. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis skor yang diperoleh saat pengujian produk, sehingga buku ajar instalasi penerangan listrik jalan umum sebagai penunjang pembelajaran pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik kelas XII SMK program keahlian Teknik Istalasi Tenaga Listrik dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85430

Actions (login required)

View Item View Item