Pengembangan media fun etalase pada stimulasi kemampuan menulis permulaan anak usia 4-5 tahun / Mei Alvionita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media fun etalase pada stimulasi kemampuan menulis permulaan anak usia 4-5 tahun / Mei Alvionita

Alvionita, Mei (2018) Pengembangan media fun etalase pada stimulasi kemampuan menulis permulaan anak usia 4-5 tahun / Mei Alvionita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Alvionita Mei. 2018. Pengembangan Media Fun Etalase Pada Stimulasi Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ahmad Samawi M.Hum (2) Leni Gonadi S.Pd M.Pd Kata kunci Media Fun Etalase Menulis Permulaan Hasil pengamatan dan observasi yang dilaksanakan pada dua lembaga TK mendapatkan hasil yaitu di kedua lembaga dalam proses belajar menulis anak menggunakan media buku atau lembar kerja dan pada saat pembelajaran berlangsung sering sekali anak mudah tidak fokus akibat dari keinginan untuk bermain oleh sebab itu maka peneliti membuat rancangan media fun etalase bagi pembelajaran anak yang dimana terdapat unsur bermain menggunakan media yang berbeda selain buku atau lembar kerja. Tujuan dari dibuatnya media fun etalase adalah memberikan media pendukung dalam pembelajaran yang efektif efisien serta menarik dan mampu memberikan motivasi dan meningkatkan kemampuan menulis anak usia dini. penelitian pengembangan ini akan melewati tahapan utama yaitu tahap uji para ahli atau validasi ahli uji kelompok kecil dan yang terakhir yaitu uji kelompok besar. Penggunaan metode dalam penelitian ini di dasarkan pada metode pengembangan Dick Carey yang harusnya terdiri dari 10 langkah penelitian tapi hanya digunakan sampai langkah ke 9 pada langkah ke 10 harus melewati proses yang panjang dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Setelah melewati tahapan yang sudah disebutkan di atas diperoleh hasil akhir yaitu dalam uji para ahli mendapatkan beberapa saran dan masukan diantaranya yaitu penambahan kegiatan dalam media fun etalase menambahan kartu huruf minimal dalam satu kartu huruf terdapat 3 pengenal huruf. Hasil dari uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar yaitu media fun etalase dapat dimanfaatkan dan digunakan dengan sangat baik atau masuk dalam kategori sangat valid berdasarkan persentase hasil akhir uji kelompok kecil diatas 86 00% dan uji kelompok besar yang dilaksanakan 2 kali lebih dari 86 00% pula. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari uji kelompok kecil dan uji kelompok besar maka tidak ada revisi lagi yang harus dilakukan pada produk yang sudah melewati proses uji coba. Bagi para peneliti selanjutnya khususnya yang meneliti tentang perkembangan menulis anak dapat meningkatkan dan mengembangkan lagi media serta cara atau metode baru untuk keterampilan menulis anak baik dari segi penggunaan bahan yang lebih bervariasi maupun cara serta metode baru yang lebih menyenangkan lagi untuk anak belajar dan dapat meningkatkan motivasi belajar anak serta menjadi salah satu inovasi dan ispirasi baru bagi para pendidik PAUD yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8543

Actions (login required)

View Item View Item