Pengembangan trainer monitoring dan mengontrol traffic light 3 perempatan berbasis mikrokontroler pada mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Akhmad Fauzi Ilyas Bahari

Bahari, Akhmad Fauzi Ilyas (2020) Pengembangan trainer monitoring dan mengontrol traffic light 3 perempatan berbasis mikrokontroler pada mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Akhmad Fauzi Ilyas Bahari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENGEMBANGAN TRAINER MONITORING DAN MENGONTROL TRAFFIC LIGHT 3 PEREMPATAN BERBASIS MIKROKONTROLER PADA MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI MALANG Akhmad Fauzi Ilyas Bahari1, Ilham Ari Elbaith Zaeni2, Slamet Wibawanto2 1Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang 2Dosen Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang E-mail: akhmadfauziilyasbahari@gmail.com Kata Kunci: Trainer, Jobsheet, Sistem kendali, Traffic light, Mikrokontroler Abstrak: Matakuliah Workshop Otomasi Industri (PTEL623) merupakan matakuliah wajib bagi mahasiswa S1 Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang. Dalam mencapai kompetensi matakuliah tersebut, diperlukan media yang menunjang pembelajaran, salah satunya adalah trainer pada kompetensi sistem kendali berbasis mikrokontroler. Berdasarkan hasil observasi, pada kompetensi tersebut banyak media pembelajaran, bahan ajar yang kurang mendukung, dan belum sesuai dengan kebutuhan kompetensi tersebut dikarenakan belum ada pengembangan Trainer Monitoring dan Mengontrol Traffic Light 3 Perempatan Berbasis Mikrokontroler. Trainer ini menggunakan model pengembangan yang digunakan dari kajian teori tentang beberapa model yang sudah dijelaskan serta beberapa keterbatasan penelitian dan kebutuhan penelitian yang sudah dikemukakan pada kajian teori maka diambil langkah-langkah model penelitian Sugiyono yang dimodifikasi menggunakan 11 tahap penelitian dan pengembangan yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) pembuatan produk, (7) uji coba produk, (8) revisi produk, (9) uji coba pemakaian, (10) revisi produk, (11) produksi akhir. Hasil pengembangan produk telah divalidasi oleh 2 ahli yaitu 2 dosen FT UM, serta telah diuji cobakan kepada mahasiswa PTE UM angkatan 2017 melalui uji coba menggunakan angket. Hasil angket ahli I memperoleh skor sebesar 88%, dan hasil angket oleh ahli II yaitu sebesar 94% (sangat valid). Uji coba produk memperoleh skor sebesar 92% (sangat valid). Uji coba pemakaian skor yang diperoleh sebesar 92% Berdasarkan skor tersebut, trainer, jobsheet, dan buku panduan dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85428

Actions (login required)

View Item View Item