Pengembangan modul cetak dasar listrik dan elektronika dengan metode mind mapping untuk membantu mencapai kompetensi belajar pada siswa kelas X semester 2 program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK / Qowiyul Mukmin

Mukmin, Qowiyul (2020) Pengembangan modul cetak dasar listrik dan elektronika dengan metode mind mapping untuk membantu mencapai kompetensi belajar pada siswa kelas X semester 2 program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK / Qowiyul Mukmin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mukmin, Qowiyul, 2019. Pengembangan Modul Cetak Dasar Listrik Dan Elektronika dengan Metode Mind Mapping Untuk Membantu Mencapai Kompetensi Belajar Pada Siswa Kelas X Semester II Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Eng. Anik Nur Handayani, S.T., M.T. (2) Drs. Slamet Wibawanto, M.T. Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Metode Mind Mapping, Dasar Listrik dan Elektronika. Salah satu permasalahan yang terjadi dalam proses belajar, yaitu kurangnya bahan ajar bagi siswa untuk belajar. Begitu pula yang terjadi di SMK Islam Blitar, dalam proses pembelajaran mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika kelas X kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik belum tersedia bahan ajar yang dapat digunakan sebagai pegangan siswa dalam belajar. Dari permasalahan tersebut mendorong peneliti untuk mengembangkan suatu bahan ajar berupa modul yang dapat membantu siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk membuat bahan ajar mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika dan melakukan uji kelayakan serta uji keefektifan modul pada peserta didik kelas X semester 2. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini di dasari dari tiga macam model pengembangan, yaitu model pengembangan Borg & Gall, Dick & Carey, dan R&D. Dengan langkah-langkah pengembangan sebagai berikut : (1) Identifikasi potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Perumusan tujuan pengembangan, (4) pembuatan dan Pengembangan produk, (5) Validasi produk, (6) Revisi Produk, (7) Uji coba kelompok kecil, (8) Revisi, (9) Uji coba kelompok besar, (10) Revisi, (11) Penyebarluasan dan pemakaian. Validator untuk uji kelayakan modul adalah pembimbing I, yaitu Dr. Eng. Anik Nur Hnadayani, S.T., M.T., pembimbing II, yaitu Drs. Slamet Wibawanto, M.T., dan guru pengampu mata pelajaran DLE, yaitu Bapak Sudibyo. Sedangkan subjek uji coba adalah peserta didik kelas X kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di SMK Islam 1 Blitar. jenis data yang yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen pengambilan data terdiri dari instrumen validasi isi bahan ajar, instrumen validasi format bahan ajar, dan instrumen uji coba responden. Sementara untuk pengambilan data pada uji efektivitas menggunaka pretest dan post test. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan diperoleh hasil review validasi isi bahan ajar dengan presentase 91,6% menunjukan kriteria sangat layak, hasil reviw validator format bahan ajar dengan persentase 92,57 % menunjukan kriteria sangat layak, uji coba kelompok kecil dengan persentase 85,9 % menunjukan kriteria sangat layak, dan uji coba kelompok besar dengan persentase 88, 25% menunjukan kriteria sangat layak. Berdasarkan data tersebut maka dapat dikatakan bahwa Modul Dasar Listrik dan Elektronika dengan Metode Mind Mapping untuk siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) semester 2 SMK dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85426

Actions (login required)

View Item View Item