Pengembangan media praktikum QR Code Detection dengan optimasi CNN matakuliah sistem cerdas di jurusan teknik elektro Universitas Negeri Malang / Wendy Cahya Kurniawan

Kurniawan, Wendy Cahya (2020) Pengembangan media praktikum QR Code Detection dengan optimasi CNN matakuliah sistem cerdas di jurusan teknik elektro Universitas Negeri Malang / Wendy Cahya Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan, Wendy Cahya. 2019. Pengembangan Media Praktikum QR Code Detection dengan Optimasi CNN untuk Matakuliah Sistem Cerdas di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Dr. Muladi, S.T., M.T., (II) Dr. Eng. Anik Nur Handayani, S.T., M.T. Kata Kunci : Jobsheet, QR Code Detection, Optimization System, Intelligence System, Convolutional Neural Network. Berdasarkan Katalog Jurusan Teknik Elektro 2018, Sistem Cerdas adalah salah satu matakuliah bersama sub kajian Sistem Kendali yang diadakan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Pelaksanaan pembelajaran Matakuliah Sistem Cerdas yang dilakukan selama ini disampaikan melalui teori serta praktikum menggunakan simulasi. Berdasarkan kompetensi Sistem Cerdas yang telah dipelajari, mahasiswa mampu mengaplikasikan berbagai macam algoritma sistem cerdas dan penerapan algoritma tersebut untuk berbagai permasalahan dalam bidang teknik elektro. Salah satu algoritma yang berkembang sekarang yaitu Convolutional Neural Network (CNN) yang dapat digunakan sebagai optimasi pendeteksi Quick Response Code (QR Code). Dengan media pembelajaran jobsheet diharapkan mampu menjadi alat bantu mahasiswa dalam meningkatkan kompetensi dan pendalaman materi dalam Matakuliah Sistem Cerdas. Dengan menggunakan langkah-langkah percobaan yang terkonsep untuk mencapai tujuan yang spesifik, maka mahasiswa diharapkan mampu berperan aktif dalam mendalami materi yang dipelajari. Model pengembangan jobsheet ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu 1) analisis, 2) desain, 3) development, 4) implementasi, dan 5) evaluasi. Dari hasil pengembangan didapatkan hasil validasi ahli pada aspek materi sebesar 86,2%, ahli pada aspek media sebesar 92,2%, uji coba kelompok kecil sebesar 89,6%, dan uji coba kelompok besar sebesar 90,1%. Berdasarkan hasil validasi tersebut didapat validasi gabungan sebesar 89,4% dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan dalam kegiaatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85423

Actions (login required)

View Item View Item