Perbandingan penerapan model pembelajaran generatif dan ecirr yang dipadu strategi induktif pengaruhnya terhadap miskonsepsi dasar listrik dan elektronika pada siswa kelas X TITL SMKN 6 Malang / Anisa Hilya Fitri

Fitri, Anisa Hilya (2020) Perbandingan penerapan model pembelajaran generatif dan ecirr yang dipadu strategi induktif pengaruhnya terhadap miskonsepsi dasar listrik dan elektronika pada siswa kelas X TITL SMKN 6 Malang / Anisa Hilya Fitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitri, Anisa Hilya. 2019. Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Generatif dan ECIRR yang Dipadu Strategi Induktif Pengaruhnya Terhadap Miskonsepsi Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X TITL SMKN 6 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T., (2) Dyah Lestari, S.T., M.Eng. Kata Kunci: Miskonsepsi, Dasar Listrik dan Elektronika, Generatif, Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce (ECIRR), Strategi Induktif. Miskonsepsi merupakan kesalahan pemahaman terhadap suatu konsep ilmiah. Miskonsepsi dapat disebabkan oleh siswa itu sendiri, buku pelajaran yang dibaca, serta berasal dari guru. Siswa mengalami miskonsepsi terjadi karena mempelajari sesuatu hal secara tidak lengkap, maupun perkembangan kognitif yang tidak sempurna. Kesalahan pemahaman dapat terjadi karena membaca buku, penggunaan bahasa yang tidak dapat dipahami oleh siswa. Selain itu, miskonsepsi dapat terjadi karena pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Penggunaan strategi yang tidak memberikan kesempatan untuk menyampaikan pengetahuan yang dimiliki. Jika siswa diberikan kesempatan untuk mengungkapkan pengetahuannya, maka guru akan menemukan siswa yang mengalami miskonsepsi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan quasi eksperimental design (eksperimen semu) dengan pola pretest-posttest group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 1 berjumlah 35 siswa diberi perlakuan model generatif dipadu strategi induktif dan kelas X TITL 2 berjumlah 33 siswa diberi perlakuan model Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce (ECIRR) dipadu strategi induktif. Hasil Uji-t pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada uji hipotesis mengenai perbedaan kemampuan pemahaman konsep memiliki nilai signifikasi 0,009. Hasil uji hipotesis tersebut memiliki nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yang artinya bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2. Hasil penelitian juga dapat dilihat bahwa: (1) hasil tes kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen 2 lebih tinggi daripada kelas eksperimen 1, dan (2) tingkat miskonsepsi kelas eksperimen 2 lebih rendah daripada kelas eksperimen 1. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran yang menggunakan model ECIRR dipadu strategi induktif berpengaruh lebih dalam mereduksi miskonsepsi siswa daripada model generatif dipadu strategi induktif. Saran yang dianjurkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran generatif dipadu strategi induktif dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika untuk mereduksi miskonsepsi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85421

Actions (login required)

View Item View Item