Perbedaan pengaruh penerapan media animasi pada model pembelajaran contextual learning dibandingkan dengan model pembelajaran quantum learning terhadap hasil belajar hukum kirchoff pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika siswa kelas X TEI SMK Negeri 1 Kepanjen / Abdur Rahman Rusydi

Rusydi, Abdur Rahman (2020) Perbedaan pengaruh penerapan media animasi pada model pembelajaran contextual learning dibandingkan dengan model pembelajaran quantum learning terhadap hasil belajar hukum kirchoff pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika siswa kelas X TEI SMK Negeri 1 Kepanjen / Abdur Rahman Rusydi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rusydi, Abdur Rahman. 2019. Perbedaan Pengaruh Penerapan Media Animasi pada Model Pembelajaran Contextual Learning Dibandingkan Dengan Model Pembelajaran Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Hukum Kirchoff pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X TEI SMK Negeri 1 Kepanjen Kata kunci : Contextual Learning, Quantum Learning, Hasil Belajar, Hukum Kirchoff Dalam suatu lembaga pendidikan keberhasilan sebuah proses pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Hasil belajar tersebut dapat diukur dari nilai siswa setelah mengerjakan soal yang diberikan oleh guru saat evaluasi dilaksanakan. Berdasarkan observasi yang telah dilaksanakan, hasil belajar hukum Kirchoff siswa tergolong rendah, hal tersebut terbukti dari nilai ulangan harian siswa yang sebagian besar masih di bawah KKM. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan suatu perubahan dengan cara menerapkan model dan media pembelajaran yang tepat dalam melaksanakan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa pada materi Hukum Kirchoff menggunakan model pembelajaran Contextual Learning berbantuan animasi berbasis Macromedia Flash, (2) Hasil belajar pada materi Hukum Kirchoff menggunakan model pembelajaran Quantum Learning berbantuan animasi berbasis Macromedia Flash, (3) Adakah perbedaan hasil belajar siswa pada materi Hukum Kirchoff yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Learning dengan model pembelajaran Quantum Learning. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas X TEI SMK Negeri 1 Kepanjen. Sampel dari penelitian ini adalah kelas TEI 3 sebagai kelas Eksperimen I (Contextual Learning) dan kelas TEI 4 sebagai kelas Eksperimen II (Quantum Learning). Data yang diambil berupa pretest dan posttest. Penelitian ini menghasilkan (1) peningkatan hasil belajar pada kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Contextual Learning berbantuan animasi berbasis Macromedia Flash, (2) peningkatan hasil belajar pada kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Quantum Learning berbantuan animasi berbasis Macromedia Flash, dan (3) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Contextual Learning berbantuan animasi berbasis Macromedia Flash dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Quantum Learning berbantuan animasi berbasis Macromedia Flash.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85420

Actions (login required)

View Item View Item