Pengembangan trainer pintu garasi otomatis berbasis smart relay untuk menerapkan konsep sistem kontrol pada Jurusan Otomasi Industri di SMK Plus Almaarif Singosari / Bima Satria Nugraha

Nugraha, Bima Satria (2020) Pengembangan trainer pintu garasi otomatis berbasis smart relay untuk menerapkan konsep sistem kontrol pada Jurusan Otomasi Industri di SMK Plus Almaarif Singosari / Bima Satria Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Satria Nugraha, Bima. 2019. Pengembangan Trainer Pintu Garasi Otomatis Berbasis Smart Relay untuk Menerapkan Konsep Sistem Kontrol pada Jurusan Otomasi Industri di SMK Plus Almaarif Singosari. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Slamet Wibawanto, M.T. (2) Dyah Lestari, S.T., M.Eng. Kata Kunci : Pintu Garasi Otomatis, Smart Relay, Sistem Kontrol Smart Relay adalah perangkat kendali yang dapat diprogram secara berulang-ulang untuk menjalankan instruksi logika, timer, counter, penjadwalan dengan internal RTC, dan membaca data analog untuk proses batch/penumpukan, semakin banyaknya penggunaan smart relay dikarenakan harganya yang lebih terjangkau dibanding dengan PLC tetapi kapabilitasnya sama dengan PLC. Dibuatnya trainer adalah untuk menjadikan siswa mudah mengerti sistem yang dibuat karena trainer dianalogikan sebagai bentuk realistis dari sistem tersebut. Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan dengan tujuan: (1) Merancang trainer pintu garasi otomatis dan job sheet. (2) Membuat trainer pintu garasi otomatis dan job sheet. (3) Menguji kelayakan trainer pintu garasi otomatis dan job sheet. Penelitian dilakukan di SMK Plus Almaarif Singosari dengan subjek penelitian siswa kelas XII Jurusan Teknik Otomasi Industri pada mata pelajaran Sistem Kontrol Terprogram. Model penelitian dan pengembangan Sugiyono dengan tahap: (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain Produk; (4) Validasi desain; (5) Revisi desain; (6) Ujicoba produk; (7) Revisi produk; (8) Ujicoba pemakaian; (9) Revisi produk final (10) Produksi masal. Hasil validasi produk trainer dan job sheet dari ketiga ahli mendapatkan nilai rata-rata sebesar 94,44% untuk trainer dan 97,22% untuk job sheet. Hasil ujicoba produk trainer dan job sheet pada 12 siswa/responden mendapatkan nilai rata-rata sebesar 87,75%. Hasil ujicoba pemakaian trainer dan job sheet pada 24 siswa/responden mendapatkan nilai sebesar 96,88%. Dimana keseluruhan hasil tersebut termasuk dalam kriteria sangat valid. Kesimpulan dari pengembangan ini adalah produk trainer pintu garasi otomatis dan job sheet sistem kontrol pintu garasi otomatis berbasis smart relay layak digunakan sebagai media pembelajaran pada matapelajaran Sistem Kontrol Terprogram Jurusan Otomasi Industri di SMK Plus Almaarif Singosari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85419

Actions (login required)

View Item View Item