Hubungan antara efektivitas pembelajaran pengelolaan kelas dan kebermaknaan belajar microteaching terhadap kesiapan mengajar bidang pedagogik mahasiswa S1 PTE 2014 Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Satrio Aji Pamungkas

Pamungkas, Satrio Aji (2020) Hubungan antara efektivitas pembelajaran pengelolaan kelas dan kebermaknaan belajar microteaching terhadap kesiapan mengajar bidang pedagogik mahasiswa S1 PTE 2014 Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Satrio Aji Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pamungkas, Satrio Aji. 2019. Hubungan Efektivitas Pembelajaran Pengelolaan Kelas dan Kebermaknaan Belejar Microteaching terhadap Kesiapan Mengajar Bidang Pedagogik Mahasiswa S1 PTE 2014 Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Kata Kunci : Efektivitas Pembelajaran Pengelolaan Kelas, Kebermaknaan Belajar Microteaching, Kesiapan Mengajar Bidang Pedagogik. Universitas Negeri Malang merupakan Lembaga Pendidikan yang bertujuan untuk mencetak calon guru yang memiliki kemampuan dan keahlian yang kompeten dalam bidang tertentu. Kesiapan mengajar merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh mahasiswa prodi S1 PTE FT-UM sebagai calon tenaga pendidik. Pengelolaan Kelas dan Microteaching merupakan matakuliah wajib yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa untuk terjun di dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kesiapan mengajar bidang pedagogik mahasiswa (Y); (2) mendeskripsikan efektivitas pembelajaran pengelolaan kelas (X1); (3) mendeskripsikan kebermaknaan belajar microteaching (X2); (4) mengetahui signifikansi hubungan antara X1 terhadap Y; (5) mengetahui signifikansi hubungan antara X2 terhadap Y; (6) mengetahui signifikansi hubungan secara simultan antara X1 dan X2 terhadap Y pada mahasiswa S1 PTE 2014 FT-UM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian menggunakan metode ex post facto serta pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling dan rumus slovin dengan jumlah sampel 99 mahasiswa. Pengumpulan data masing-masing variabel menggunakan angket tertutup. Variabel efektivitas pembelajaran pengelolaan kelas (X1), kebermaknaan belajar microteaching (X2) dan kesiapan mengajar bidang pedagogik (Y) memiliki tingkat reliabilitas secara berurutan adalah 0,843, 0,898 dan 0,874. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi parsial dan analisis regresi linier berganda, analisis uji prasyarat dan analisis sumbangan efektif-relatif dengan menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) X1, X2 dan Y dalam kategori cenderung sangat tinggi; (2) terdapat hasil analisis korelasi parsial antara X1 terhadap Y dengan nilai Phitung = 0,354, X2 terhadap Y dengan nilai Phitung = 0,000; (3) terdapat hasil analisis regresi linier berganda antara X1 dan X2 secara simultan terhadap Y dengan nilai Fhitung = 26,270; (4) terdapat kontribusi X1 sebanyak 1,6% terhadap Y dan kontribusi X2 sebanyak 33,8% terhadap Y. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) hasil deskripsi pada tiap variabel dalam kategori sangat tinggi; (2) tidak terdapat hubungan positif dan signifikan secara parsial antara X1 terhadap Y; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan secara parsial antara X2 terhadap Y; (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara simultan terhadap Y; (5) variabel X1 dan X2 berkontribusi 35,4% terhadap Y. bagi peneliti selanjutnya diharapkan meneliti variabel lain yang dapat mengungkap faktor-faktor yang memengaruhi kesiapan mengajar bidang pedagogik dan fakta-fakta yang belum terungkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85418

Actions (login required)

View Item View Item