Perbedaan pemahaman konsep dasar listrik dan elektronika karena pengaruh penerapan model "CTL" berbantuan audio visual dibandingkan model "PBL" berbantuan audio visual pada siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Andis Wijaya

Wijaya, Andis (2020) Perbedaan pemahaman konsep dasar listrik dan elektronika karena pengaruh penerapan model "CTL" berbantuan audio visual dibandingkan model "PBL" berbantuan audio visual pada siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Andis Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK   Wijaya, Andis. 2019. Perbedaan Pemahaman Konsep Dasar Listrik dan ...........Elektronika Karena Pengaruh Penerapan Model “CTL” Berbantuan Audio ...........Visual Dibandingkan Model “PBL” Berbantuan Audio Visual Pada Siswa ...........Kelas X di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi, Program Studi ...........S1 Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, ...........Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Setiadi Cahyono Putro, ...........M.Pd., M.T., (2) Drs. Hari Putranto, M.Pd.   Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Dasar Listrik dan Elektronika, CTL, PBL, Audio Visual, CRI   Dasar listrik dan elektronika merupakan salah satu mata pelajaran produktif pada kelas X jurusan TITL di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Materi yang dipelajari dalam pelajaran ini memerlukan adanya pemahaman terhadap konsep dasar listrik dan elektronika. Guru harus memilih model pembelajaran yang tepat dengan dipadukan media pembelajaran sebagai pendukung dalam proses pembelajaran. Hal ini agar memberikan dampak meningkatkan pemahaman konsep yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan signifikansi perbedaan pemahaman konsep dasar listrik dan elektronika yang diberikan perlakuan model CTL dibandingkan kelas yang diberikan perlakuan model PBL berbantuan audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan quasi eksperimental design (eksperimen semu) dengan desain penelitian pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas A berjumlah 20 siswa dan kelas B berjumlah 22 siswa. Instrumen pengukuran yang digunakan berupa soal pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan soal posttest untuk hasil pemahaman konsep siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan metode CRI (Certainty of Response Index). Uji hipotesis dilakukan dengan teknik Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%. Hasil Uji-t menunjukkan nilai signifikasinya yaitu 0,024, maka 0,024<0,05 yang artinya terdapat perbedaan pemahaman konsep dasar listrik dan elektronika pada kelas A dan Kelas B. Hasil Penelitian juga dapat dilihat pada beberapa aspek berikut: (1) nilai rata-rata, kelas A (87,25) memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan kelas B (82,50); (2) Persentase Nilai rata-rata berdasarkan kategori paham konsep menggunakan CRI, kelas A (87,6%) memiliki persentase kenaikan nilai rata-rata kategori paham konsep lebih tinggi dibandingkan kelas B (81,2%); dan (3) Nilai gain-score Kelas A (0,78) memiliki peningkatan pemahaman konsep lebih tinggi dibandingkan kelas B (0,72). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran yang menggunakan model CTL berbantuan audio visual berpengaruh lebih dalam meningkatkan pemahaman konsep dasar listrik dan elektronika. Saran yang dianjurkan dalam penelitian ini adalah model CTL berbantuan audio visual dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran dasar listrik dan elektronika untuk meningkatkan pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85417

Actions (login required)

View Item View Item