Perbedaan pemahaman konsep dasar listrik dan elektronika menggunakan model pembelajaran problem based learning dipadu strategi konflik kognitif dibandingkan dengan pendekatan saintifik pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Beji Kabupaten Pasuruan / Mokhammad Hikmawan Priyo Widodo

Widodo, Mokhammad Hikmawan Priyo (2020) Perbedaan pemahaman konsep dasar listrik dan elektronika menggunakan model pembelajaran problem based learning dipadu strategi konflik kognitif dibandingkan dengan pendekatan saintifik pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Beji Kabupaten Pasuruan / Mokhammad Hikmawan Priyo Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widodo, Mokhammad Hikmawan Priyo. 2019. Perbedaan Pemahaman Konsep Dasar Listrik dan Elektronika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dipadu Strategi Konflik Kognitif Dibandingkan Dengan Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Beji Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hari Putranto, M.Pd. (II) Dyah Lestari, S.T., M.Eng. Kata Kunci : Pemahaman Kosep, Problem Based Learning, Strategi Konflik Kognitif, dan Saintifik Pendidikan merupakan usaha sadar, terencana dan diupayakan untuk mendorong siswa aktif dalam mengembangkan potensi diri. Pengembangan potensi siswa dalam suatu proses pembelajaran harus melibatkan tiga komponen utama pendidikan, yaitu: peserta didik, pendidik, dan sumber belaja. Pendukung pembelajaran, yaitu: kondisi pembelajaran, metode pembelajaran, dan hasil pembelajaran. Sistem pembelajaran yang digunakan pada umumnya bersifat konvensional, yaitu: dominan menggunakan motode ceramah, sehingga siswa cenderung menjadi siswa yang pasif dan tidak mengeksplorasi dirinya sendiri. Uraian permasalahan dan kebutuhan diatas, melatarbelakangi peneliti untuk melalukan penelitian membandingkan model pembelajaran yang dipadu dengan strategi pendekatan guna mencapai keberhasilan pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah; 1) Mengetahu deskripsi pemahaman konsep model pembelajaran problem based learning dipadu pendekatan saintifik, 2) Mengetahu deskripsi pemahaman konsep model pembelajaran problem based learning dipadu strategi konflik kognitif dan 3) Mengetahu perbedaan pemahaman konsep model pembelajaran problem based learning dipadu pendekatan saintifik dibandingkan strategi konflik kognitif. Pada penelitian ini kelas eksperimen A mengguanakan model pembelajaran problem based learning dipadu pendekatan saintifik dan untuk kelas eksperimen B menggunakan model pembelajaran problem based learning dipadu strategi konflik kogntif. Rancangan penelitian ini menggunakan pretest dimana data ini digunakan sebagai awal pemahaman konsep siswa pada kondisi awal dan posttest digunakan sebagai hasil pemahaman konsep siswa setelah diberikan perlakuan atau ekeperimen. Hasil penelitian ini adalah Siswa kelas eksperimen A memperoleh hasil nilai posttest dengan persentase total paham konsep 74%. Siswa kelas eksperimen B memperoleh hasil nilai posttest dengan frekuensi lapangan dalam katagori sangat tinggi dan tingkat pemahaman konsep dengan persentase total paham konsep 84%. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen A dengan kelas B eksperimen terhadap pemahaman konsep siswa. Kelas eksperimen B lebih unggul dari pada model pembelajaran Problem Based Learning dipadu Pendekatan Saintifik dari hasil perbandingan nilai N gain score.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85415

Actions (login required)

View Item View Item